Jumat, 19 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Sebut Racun Demokrasi adalah Politik Uang

  • Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan racun demokrasi kekinian adalah politik uang. Oleh karena itu setiap anak bangsa memiliki tanggung jawab sama untuk melawannya.

    "Praktik politik uang itu adalah racun demokrasi dan harus kita lawan bersama," kata Tjahjo dalam sambutan pada acara HUT NTT ke-60 di Kupang, Kamis, 20 Desember 2018.

    Selain politik uang, di tahun politik dan pada masa kampanye ini, politisi asal PDI Perjuangan ini juga mengajak seluruh masyarakat terutama kontestan pemilu dan seluruh perangkatnya untuk menghindari kampanye berbau ujaran kebencian, isu suku, agama, ras dan antaragolongan (SARA) serta fitnah.

    "Saya mengajak kita semua untuk menggunakan masa kampanye ini dengan memaparkan program kerja, adu gagasan dan ide, jangan fitnah dan SARA," katanya.

    Menurut dia, bangsa Indonesia saat ini sedang menjalankan konsolidasi demokrasi. Pemilu serentak berupa pemilihan kepala daerah dengan tiga tahapnya sudah dilakukan dengan lancar dan amanah, meskipun masih diklaim ada sejumlah hambatan. "Namun umumnya tiga kali pelaksanaan pilkada berjalan lancar," tutur Tjahjo.

    Dia memgatakan saat ini bangsa Indonesia segera memasuki pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota DPR, DPRD kabupaten/kota dan DPD RI yang sedang berada di masa kampanye. Ia meminta semua pihak untuk memaanfaatkan masa kampanye dengan memaparkan program kerja demi memastikan masyarakat menjatuhkan pilihan. "Jangan malah sebaliknya menebar fitnah dan lainnya. Biarlah proses ini bisa berjalan sesuai amanah regulasi," ujarnya.

    Masyarakat lanjut dia, harus mendapatkan sajian dan menu kampanye berkualitas berupa program kerja nyata jika terpilih. Dengan begitu masyarakat diberi ruang untuk mendapatkan pendidikan politik yang bermartabat untuk selanjutnya bisa menjatuhkan pilihan.

    "Itu artinya masyarakat akan diberi ruang yang luas untuk menentukan calon pemimpin amanah untuk kesejahtetaannya," katanya. "Kalau kampanyenya berisi ujaran kebencian, fitnah dan berbau Sara apalagi di awang-awang maka saya ajak kita semua untuk melawannya," lanjut dia.

    Tjahjo memyampaikan bahwa negeri Indonesia yang berazaskan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika tak memberi ruang bagi siapa pun untuk oknum maupun kelompok yang akan mengubahnya dengan idiologi lain. "Saya ajak kita semua lawan," tegasnya.

    Dia meyakini kondisi keamanan dalam sejumlah tahapan hingga pemungutan suara nantinya akan berjalan aman dan lancar. Jajaran kepolisian dibantu TNI dengan tiga matranya akan memberi cukup perhatian bagi pelaksanaan mencari pemimpin untuk lima tahun ke depan itu.

    Pada kesempatan itu, Tjahjo juga meminta pemerintah daerah untuk bisa membantu kelancaran pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Hal ini demi kelancaran pengawasan pelaksanaan pesta demokraai rakyat lima tahunan itu. "Ya, pemda bisa bantu fasilitas kantor dan fasilitas lain yang menujang pelaksanaan pengawasan nantinya," katanya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…