Jumat, 22 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

DPT Pemilu Harus Selesai Segera

  • Peneliti Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebaiknya memasukkan pemilih yang akan berusia 17 tahun pada hari H pada, 17 April 2019 ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

    Fadli menyebut sejumlah persoalan yang harus dituntaskan KPU dalam masa perpanjangan hingga 16 Desember. Diantaranya soal data ganda yang banyak terdapat di tingkat kabupaten. Fadli mengatakan, masalah paling mendasar adalah banyak warga negara belum merekam KTP-el yang merupakan tanggung jawab Kementerian Dalam Negeri. Ia menyontohkan di Sulawesi Selatan ditemukan sekitar 600 ribu warga negara yang belum memiliki KTP-el tapi sudah memiliki KTP yang lama.

    Daerah terdampak bencana juga menjadi perhatian. “Harus diperhatikan juga soal penggunaan KTP-el sebagai syarat mutlak bagi pemilih. Misalnya KPU aktif mendatangi pemilih yang akan berusia 17 tahun di hari H kemudian langsung masukkan ke dalam DPT,” kata Fadli usai diskusi di Jakarta, Minggu (18/11).


    Files Download :

Related Posts