Sabtu, 20 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Perkuat Pemahaman Pancasila, Kesbangpol DKI Jakarta Kumpulkan 110 Pramuka

  • Dinamika kemajuan pesat yang terjadi di ibukota di segala bidang kehidupan tentu selain berdampak positif juga membawa nilai-nilai negatif khususnya bagi generasi muda.

    Salah satu dampak negatitnya yaitu tergerusnya Pancasila sebagai ideologi negara. Karena itu, guna menyegarkan kembali tentang pentingnya pemahaman Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Kesbangpol DKI Jakarta menggelar kegiatan “Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa Angkatan ke IV.”

    Menurut Kasubdit Ideologi Negara,  Rahmat Hidayat, S.Sos. kegiatan ini diadakan di hotel Ria Diani mulai Rabu sampai Jumat, 10-13 Oktober 2018 dan dihadiri 110 peserta yang berasal dari Kwarda Pramuka Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan berbentuk sarasehan dengan metode ceramah dan tanya jawab antara peserta dan narasumber ini dihadiri oleh Plt. Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si. dan Kepala Bidang Ideologi Negara, Asyik Noorhiman, M.Si.

    Rahmat menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi seluruh komponen masyarakat terhadap konsep pola pikir dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kewaspadaan dini terhadap Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) yang menyimpang dari ideologi bangsa Pancasila.

    Guna memperkaya pemahamam peserta, Rahmat menambahkan pihaknya menghadirkan sejumlah nara sumber yaitu Kepala Badan Intelijen Negara Provinsi DKI Jakarta, mengulas “Mewaspadai Radikalisme dan Paham Serta Aliran yang Menyimpang dari Ideologi Pancasila dan Media Sosial”

    Materi Kedua, Drs Sukma Widya, Tim Pelatih Pusdiklatnas Gerakan Pramuka yang dilanjutkan dengan Materi III dari Hadissaja, Trainer dan Motivator dari Sang Surya Institute, membahas “Pembentukan Karakter dan Jiwa Pramuka Menjadi Pemimpin yang Handal.”

    Terakhir, pembicaranya yaitu Brigjen TNI Adi Sudaryanto, Pejabat Perwakilan Kementrian Pertahanan RI Prov.DKI Jakarta, “Ancaman Proxy War terhadap Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Presiden SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi. Upacara dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden…