Kamis, 13 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Birokrasi RI Harus Lebih Ringkas

  • Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan birokrasi di Indonesia harus menjadi lebih ringkas dan cepat dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

    Perkembangan tekonologi dan kebutuhan masyarakat harus dijadikan dasar bagi para aparatur sipil negara (ASN) untuk mempercepat pelayanan mereka kepada masyarakat,” kata Wapres JK, di Istana Wapres Jakarta, Senin.

    (8/10). “Timbul perubahan teknologi yang mengubah sistem, anda tidak perlu lagi administrasi yang banyak, tidak perlu lagi arsip, tidak perlu lagi operator telepon, tidak perlu lagi segala macam kepala seksi.

    Oleh karena itu, birokrasi juga harus menjadi lebih singkat,” ujar Wapres saat memberikan Pembekalan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XXXVIII dan XL. Panjangnya urusan di birokrasi dapat menghambat pelayanan, serta berpotensi adanya celah korupsi.

    Wapres menjelaskan tingkatan birokrat yang berbelit-belit tersebut menyebabkan dakwaan korupsi di tingkat kementerian, misalnya, melibatkan pegawai di tingkat bawah.

    ”Akhirnya yang bertanggung jawab yang di bawah. Padahal yang seharusnya tanggung jawab itu siapa yang teken, bukan siapa yang paraf. Bahwa prinsipnya, siapa yang teken, itu memang soal tanggung jawab,” jelasnya. 


    Files Download :

Related Posts