Selasa, 26 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Tingkatkan Kemitraan dengan Ormas, Kemendagri Gelar Isu-Isu Strategis Bidang Keormasan

  • Banyaknya jumlah ormas di Indonesia saat ini merupakan potensi yang sangat strategis bagi percepatan prgoram-program pembangunan. Kuantitas keberadaan Ormas yang sangat banyak tersebut bisa mitra pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan dan pembangunan nasional.

    Karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas kemitraan pemerintah dengan ormas, Kemendagri menggelar kegiatan “Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-Isu Strategis bidang Keormasan”  di Auditorium BPSDM Kemendagi di Jalan Raya Kalibata, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

    Menurut Direktur Keormasan Kemendagri, Lutfi, kegiatan “Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-Isu Strategis bidang Keormasan” ini  dilakukan karena ormas  diakui pemerintah telah menjadi potensi pembangunan bangsa yang strategis, sebagai mitra pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan dan pembangunan nasional.

    Kemendagri mencatat hingga kini jumlah Ormas yang terdaftar pada pemerintah tanggal 24 September 2019 adalah sebanyak 391 ribu 734 Ormas.

    Dia menjelaskan, sebagaimana amanat Pasal 40 Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan bahwa pemerintah dapat memberdayakan ormas melalui fasilitas kebijakan penguatan kapasitas kelembagaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

    Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen politik dan pemerintah umum melakukan pemberdayaan salah satunya adalah melalui pelaksanaan kegiatan penahan kegiatan komunikasi sosial kemasyarakatan dan pembahasan isu-isu strategis bidang keormasan.

    Lutfi menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menjalin komunikasi dan koordinasi dalam sebuah forum pertemuan yang diharapkan dapat mengatasi berbagai isu isu strategis bidang keormasan mana tadi dengan melibatkan stakeholder terkait baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat yang berhimpun dalam sebuah organisasi kemasyarakatan ormas.

    Adapun output atau hasil yang ingin dicapai dari Pelaksanaan Kegiatan Komunikasi Sosial Kemasyarakatan dan Pembahasan Isu-Isu Strategis bidang Keormasan” ini adalah sebagai berikut:

    Pertama, terjadinya relasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah dan ormas sebagai Mitra strategis dalam rangka pelaksanaan pembangunan dan pencapaian tujuan nasional saran masukan sebagai alternatif solusi pemecahan masalah terkait isi isu strategis bidang kemasan

    Kedua, terwujudnya penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas SDM ormas melalui forum forum pertemuan yang positif

    Ketiga, tersosialisasikannya regulasi dan arah kebijakan penataan Ormas.

    Lutfi menuturkan, peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari unsur organisasi kemasyarakatan.  Adapun pemateri yaiatu Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumulo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Sudarmo, Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintah Umum, Lutfi, praktisi atau tokoh Ormas.


    Files Download :

Related Posts