Sabtu, 23 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: Minal Aidzin Wal Faidzin, Semoga Spirit Idul Fitri Bisa Memperkuat Ukhuwah Kebangsaan

  • Bagi Menteri Dalam Negeri Tjahjo, Idul Fitri adalah hari istimewa.  Hari yang suci. Di Idul Fitri gairah merekatkan kembali tali silaturahmi begitu terasa. Di Hari Raya Idul Fitri semangat ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam begitu terasa. Ia pun berharap, spirit ukhuwah Islamiyah bisa menjadi ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan bangsa.  Dan lebih jauh menjadi  ukhuwah basyariyah atau insaniyah (persaudaraan umat manusia). 

    "Saya sebagai pribadi, dan juga sebagai Mendagri, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin," kata Tjahjo, Jumat (15/6). 

    Tjahjo pun kemudian bercerita tentang  kecilnya setiap lebaran tiba. Kata dia,  saat lebaran tiba, adalah masa yang paling dinanti. Pun sekarang. Ada semacam kerinduan pada asal usul. Sehingga mudik pun menjadi salah satu simbol atau tradisi, dimana umat Islam selalu merasa ingin pulang ke asal usulnya. Idul Fitri adalah momentum kembali ke fitrah. Kembali ke titik nol. Kembali ke kesucian, setelah kurang lebih sebulan diuji dalam bulan Ramadhan. Begitu juga tradisi mudik. Mudik tak lain adalah tradisi dari rasa rindu seseorang kembali ke asal usulnya. Pulang ke kampung halaman, adalah semacam simbolnya. 

    Ia pun berharap, spirit Idul Fitri itulah yang bisa diserap setiap insan. Sehingga kedepan, baik ucap maupun perbuatan benar-benar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan lebih jauh lagi, semangat hari raya bisa bisa mewarnai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat ukhuwah Islamiyah di Idul Fitri, harus menjadi ukhuwah wathaniyah dan kemudian menjadi ukhuwah insaniyah. 

    "Idul Fitri bagi saya adalah momen ketika ego pribadi melebur. Yang ada adalah kesadaran sebagai HambaNya. Semua sejajar, duduk sama rendah, sederajat, maka di Idul Fitri, segala perbedaan, ketegangan luruh dalam ucap maaf lahir dan batin. Idul Fitri adalah momentum meneguhkan kembali bahwa kita ini semua bersaudara, " tutur Tjahjo. 

    Dan ia merasa bersyukur, prosesi mudik tahun ini bisa dikatakan lebih baik. Pemerintah dari awal berupaya keras agar para pemudik bisa pulang ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman. " Pemerintah tentunya akan terus bekerja keras agar mudik lebaran kali ini bisa berjalan lancar, baik dari sisi keamanan, maupun kelancaran dalam bermudik," katanya. 

    Pembangunan infrastruktur yang selama ini digenjot pemerintah, semata agar itu bisa dinikmati masyarakat. Salah satunya, bisa dinikmati saat mudik lebaran. Sehingga para pemudik bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman. 

    Saat ditanya, adakah tradisi khusus dalam menyambut lebaran? Tjahjo menjawab, tak ada tradisi khusus menyambut lebaran. Ia menyambut lebaran seperti umat Islam lainnya. Apalagi sekarang, ia sedang jadi menteri. Tentu, ia punya tanggung jawab  lain. Karena itu ia tak pulang kampung.  Ia harus tetap siaga, mendukung pengamanan mudik lebaran.

    "Palingan nanti saya keliling, berlebaran dengan seluruh staf. Di Mereka Utara (kantor pusat Kemendagri. Silahturahmi ke BNPP, Pasar Minggu (Dukcapil dan PMD), ke  IPDN, bermaaf-maafan. Saya harus tetap memonitor," katanya.

    Terakhir, kata dia, sebagai manusia pastinya dirinya tak lepas dari salah dan khilaf. Sebagai Mendagri, tentunya ia tak bisa memuaskan semua orang. Karena itu dari lubuk hati paling dalam, ia memohon maaf lahir dan batin, atas segala salah dan khilaf, baik yang disengaja maupun tak disengaja. " Dari lubuk paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidzin Wal Faidzin. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita jaga dan perkuat ukhuwah Islamiyah sehingga menjadi  ukhuwah wathaniyah dan insaniyah, " tuturnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…