Senin, 20 Agustus 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Tingkatan Partisipasi Politik Warga Bogor, Kemendagri Gencar Gelar Pendidikan Politik

  • Jelang pemilihan kepada daerah di daerah Bogor, Direktorat Politik Dalam Negeri gencar melakukan sosialiasi tentang perlunya warga sadar akan hak dan kewajibannya sebagai insan politik.

    Selasa hari ini, di Hotel Paramesthi, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018), ada 2 kegiatan digelar di tempat yang sama oleh Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum. Pertama, kegiatan yang diinisiasi oleh Kasubdit Implementasi Kebijakan Politik bertajuk “Dialog Publik Dalam Rangka Analisis dan Evaluasi Bidang Politik Dalam Negeri.”

    Dialog Publlik ini diikuti peserta sekitar 70 orang dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh LSM, dan mahasiswa. Diskusi ini dibuka oleh Direktur Politik Dalam Negeri, Dr. Drs. Bahtiar,  M.Si dan dialnjutkan dengan paparan  dari narasumber yaitu Kasubdit Implementasi Kebijakan Politik, Drs. Bangun Sitohang, MM..

    Kedua, kegiatan yang digelar oleh Kasubdit Pendidikan Etika dan Budaya Politik Kemendagri bertajuk “Pendidikan Politik Perempuan” yang dihadiri peserta 100 orang dari kalangan mahasiswa di Bogor dan sekitarnya. Acara ini juga dibuka oleh Direktur Politik Dalam Negeri, Dr. Drs. Bahtiar,  M.Si dan dilanjutkan dengan paparan  dari narasumber  yaitu Kasubdit Pendidikan Etika, dan Budaya Politik Kemendagri, Cahyo Ariawan, SH, MM., dan Pakar Media dari Trans Teve Corp., Sugihartono.

    Menurut Bahtiar, Kemendagri menggelar sosialisasi peningkatan peran warga negara dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 dengan maksud agar  warga sadar akan pentingnya untuk berperan serta secara aktif dalam pesta demokrasi yang sudah di depan mata.

    “Pemilu ini sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita, karena akan memilih imam atau pemimpin untuk 5 tahun ke depan. Majunya suatu bangsa negara ditentukan oleh pemimpin yang kita pilih, maka gunakanlah hak pilih anda sebaik mungkin,” terang Bahtiar.

    Tidak ada pemerintahan yang kuat tanpa ada dukungan dan peran serta rakyat. Pelaksanaan pembangunan didasarkan oleh keinginan bersama yang diputuskan melalui mekanisme UU dan direalisasikan oleh Pemerintah atas kontrol masyarakat dan lembaga negara yang diatur dalam konstitusi Negara.

    Dari pantauan redaksi kesbang.com, antusiame warga untuk mengikuti kedua kegiatan ini cukup tinggi. Terbukti, undangan yang hadir cukup membludak dan partisipasi mereka cukuo aktif dalam diskusi yang dibuka seusai paparan.

    “Bogor, memang salah satu wilayah yang terdekat dengan Jakarta. Kami ingin untuk Pilkada Serentak 27 Juni esok dan Pemilu Serentak 2019 warga bisa berperan tinggi untuk ikut serta ke bilik suara,” harap Bahtiar.


    Files Download :

Related Posts