Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Gelar Sosialisasi Kebijakan Peraturan bidang Keormasan untuk Pemerintah Daerah di 3 Regional

  • Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum mengadakan Sosialisasi Kebijakan Peraturan bidang Keormasan untuk Pemerintah Daerah di 3 (tiga) regional, yaitu Sosialisasi Regional Tengah diadakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis tanggal 8 Maret 2018, Sosialisasi Regional Barat diadakan di kota Medan pada 14 maret 2018, dan Sosialisasi Regional Timur diadakan di Kota Mataram, Nusa Tengara Barat pada 28 Maret 2018.

    Pada kegiatan Sosialisasi di Kota Balikpapan, Walikota Balikpapan dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Arbain Side, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan berharap Ormas bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, apalagi saat ini menjelang Pilkada, isu ormas kerap menjadi isu sentral yang sering dibahas untuk mencari dukungan dan simpati para kontestan.

    Pada Kesempatan yang sama, Direktur Organisasi Kemasyarakatan, La Ode Ahmad, mengatakan bahwa Pengaturan Ormas di dalam regulasi ormas sebenarnya sangat sederhana dan hanya mengatur keberadaan ormas yang sudah terdaftar.

    “Ormas idealnya terdaftar pada pemerintah untuk menata agar ormas menjadi lebih baik dari segi kelembagaan melalui persyaratan yang memenuhi kaidah berorganisasi.” kata La Ode.

    La Ode menambahkan, Kemendagri melalui Direktorat Ormas Ditjen Polpum akan terus melakukan sosialisasi agar Pemda dan Ormas mengerti regulasi yang mengatur Ormas mulai sejak proses pendaftaran hingga melakukan aktivitasnya di ruang publik mengingat jumlah ormas yang cukup besar memerlukan penanganan yang komprehensif sebagai wujud kehadiran negara.

    Selain itu, lanjut La Ode, Pemerintah saat ini sedang membentuk TIMDU Pengawasan (Tim Terpadu Pengawasan) guna melakukan pengawasan sebagaimana yang diamanatkan dalam PP 58 tahun 2016 dan Permendagri 56 tahun 2017. TIMDU ini juga akan dibentuk di daerah agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

    “TIMDU ini mempunyai tugas melakukan monitoring dan evaluasi kepada ormas agar ormas dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” paparnya.

    Sosialisasi ini diikuti oleh para Kepala Badan/Kantor Kesbangpol dan pejabat yang membidangi keormasan se-Indonesia agar dapat menyatukan pemahaman dalam menindaklanjuti berbagai regulasi dan peraturan yang telah dikeluarkan.


    Files Download :

Related Posts