Rabu, 20 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ini Pesan Mendagri ke Penjabat Gubernur Papua

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan pada Penjabat Gubernur Papua Soedarmo agar menjaga dan menjamin kondisi keamanan di Papua. Pesan itu dimaksudkan supaya pelaksanaan Pilkada di kawasan tersebut menjadi pesta desmokrasi yang bermartabat.

    "Kalau enggak salah ada 7 kabupaten atau kota yang ada di Papua menggelar Pilkada. Sosialisasikan kepada masyarakat secara keseluruhan untuk bisa menggunakan hak pilihnya memilih kepala daerahnya yang cepat dan mampu membawa Papua semakin sejahtera, mempercepat pemerataan pembangunan," kata Tjahjo, di Jayapura, Papua, Selasa (10/4/2018). Tjahjo melanjutkan, pemerintahan daerah (Pemda) tak hanya gubernur, bupati atau walikota. Terdapat pula komponen pemerintah dan masyarakat didalamnya, misal kepolisian, TNI dengan ketiga matranya, BIN, kejaksaan, Majelis Rakyat Papua, ada DPRP dan para tokoh agama, adat dan juga elemen perguruan tinggi.

    "Ini yang harus dijalin membangun sinergi, komunikasi, koordinasi karena kunci sukses pembangunan masalah stabilitas daerah. Ini yang harus dijaga dengan baik. Pak Kapolda, Kabinda, tidak bisa bekerja termasuk Pak Gubernur tanpa dibantu tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang ada di Papua," kata dia.

    Mendagri menambahkan, dengan pengalaman pernah menjadi Penjabat Gubernur Aceh dan turut mengawal Pilkada di bumi Serambi Mekah sukses. Kemampuan Soedarmo dalam menjalankan tugas sebagai Penjabat Gubernur bisa menjadi tolak ukur dalam pengelolaan pemerintahan daerah Papua meski dalam waktu singkat.

    "Saya harapkan kuncinya tadi yang pegang kendali, keamanan bapak Kapolda dibackup penuh oleh jajaran Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dalam upaya menjaga stabilitas sehingga pelaksanaan Pilkada dan jalannya roda pemerintahan berjalan dengan baik," kata Tjahjo.

    Adapun pencapaian yang sudah diraih selama lima tahun di kawasan itu. Mendagri mengimbau Penjabat Gubernur Papua untuk melanjutkan program-program yang sudah terlaksana selama lima tahun ini disertai dengan upaya inovatif. 

    "Ajak kabupaten dan kota bersinergi. Ini dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan," kata Mendagri.

    Sebelumnya, Soedarmo merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri yang ditunjuk Mendagri untuk menjabat posisi gubernur Papua yang kosong lantaran masa tugas Gubernur Papua Lukas Enembe sudah berakhir pada Senin (9/4/2018) kemarin.


    Files Download :

Related Posts