Kamis, 16 Agustus 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: Pencantuman Penganut Kepercayaan di KTP Usai Pilkada

  • Proses pencantuman penganut kepercayaan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan Kartu Keluarga akan dilakukan usai pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. 

    "Yang belum diproses, nanti diproses setelah pilkada saja karena ada daerah yang belum mau memasukkan aliran kepercayaan di KTP. Nanti setelah pilkada saja, semua kita undang," kata Tjahjo usai mengikuti rapat terbatas tentang penataan administrasi kependudukan pasca-putusan Mahkamah Konstitusi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/4/2018).

    Ia menjelaskan bahwa secara teknis tidak ada masalah berkenaan dengan pencantuman penganut kepercayaan pada KTP Elektronik maupun Kartu Keluarga (KK).

    "Tidak ada masalah, semua sama. Tidak ada perbedaan dengan e-KTP lainnya, akan sama saja," katanya.

    Sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengatakan bahwa berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, nantinya akan dibuat kolom untuk penganut kepercayaan di KTP elektronik.

    "Di kolom agama, bagi mereka diganti menjadi kepercayaan itu saja," kata Lukman, menambahkan beberapa rapat koordinasi sudah digelar untuk membahas masalah pencantuman penganut kepercayaan di KTP.

    "Masih memerlukan waktu satu dua bulan ke depan untuk meng-update jumlah mereka di seluruh Tanah Air ini, " katanya, menambahkan selama ini penghayat kepercayaan tidak berada di bawah naungan Kementerian Agama.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan pemerintah akan melaksanakan Putusan Mahkamah Konstitusi tentang pencantuman status penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada KTP dan KK.

    "Saya menegaskan bahwa putusan MK itu bersifat final dan mengikat sehingga pemerintah berkewajiban menjalankan putusan itu," kata Presiden ketika membuka rapat kabinet terbatas membahas penataan administrasi kependudukan.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…