Rabu, 19 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Isu SARA Harus Jauh Dari Politik

  • PARA kontestan dan pendukung calon kepala daerah dan parpol harus menjauhkan penggunaan isu SARA dalam berpolitik. Pasalnya, cara itu bakal mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa.

    “Pertama tidak layak SARA digunakan sebagai bagian dari kampanye. Kedua kalau kita bicara SARA itu sudah persatuan dan kesatuan bangsa, kebersamaan bangsa akan terganggu. Jadi itu tidak layak untuk dimainkan dalam pemilu, apakah pilkada serentak, atau pemilih eksekutif, legislatif dan Presiden,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (12/3/2018) kemarin.

    Wiranto mengutarakan, penggunaan isu tersebut tak layak dan bakal mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Mantan Pangab itu meyakini, semua parpol sudah diingatkan dan sepakat untuk tak menggunakan isu pemicu konflik sosial tersebut.

    Mantan Menhan itu juga menyinggung persiapan Pilkada serentak dan Pemilu 2019 mendatang. Menurut Wiranto, semua masalah yang berkaitan dengan hajatan demokrasi tersebut sudah dibahas dalam rapat koordinasi. Pada rakor itu turut dihadiri Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, serta para Menteri dan para Kepala Lembaga yang menangani masalah Pilkada dan Pemilu 2019.

    Pemilu, lanjut Wiranto, merupaka pesta demokrasi yang mesti disambut dengan kegembiraan. Pesta demokrasi ini memiliki nuansa bagaimana Pilkada, pemilu legislatif dan Pilpres tak mengalami gangguan lantaran berlangsung secara sistematis, detil, sehat, tanpa mengganggu ketertiban keamanan dan stabilitas nasional.

    Dia juga mengingatkan terdapat delapan poin yang sudah tuntas terkait tahapan pemilu. Diantaranya yakni, menyangkut masalah anggaran, sumber daya manusia yang terlibat Pemilu. Terdapat pula masalah logistik seperti kebutuhan kertas yang melonjak dan masalah teknis lainnya.

    “Kemungkinan adanya gangguan-gangguan hoax dan cyber yang mengganggu pemilu sudah dijawab mengenai cyber attack, pemilu di luar negeri juga sudah dijawab dan fasilitas penyelenggara pemilu. Semua perencanaan, persiapan sudah berjalan baik,” kata Wiranto. Menko Polhukam juga menyampaikan, semua lembaga penyelenggara Pilkada dan Pemilu 2019 tak perlu risau. Ia menjamin, gelaran Pemilu bakal disambut antusias oleh pemilih.


    Files Download :

Related Posts