Sabtu, 21 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Gelar Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Politik Dalam Negeri di Bangka Belitung

  • Direktorat Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan bimbingan teknis aplikasi sistem informasi politik dalam negeri (simpoldagri) kepada jajaran kesbangpol provinsi, kabupaten, kota di Prov Kep. Bangka Belitung dan Prov Sumatera Selatan.

    Bimtek yang dikuti 100 orang di Hotel Puncak Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung ini dibuka oleh Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Didi Sudiana, SE, MM.

    “Informasi yang ada pada aplikasi Simpoldagri ini hendaknya dilaporkan secara cepat dan berkesinambungan, mengingat tahun 2018 adalah tahun politik karena ada Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan sebagai salah satu kebutuhan percepatan informasi yang kemudian dibuatkan kebijakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan di provinsi maupun kabupaten/kota,” ujar Didi.

    Selain arahan Sesditjen, juga ada narasumber yaitu Kasubdit Implementasi Kebijakan Politik, Drs. Bangun Sitohang, MM, Pakar Ilmu Komunikasi, Dr. Emrus Sihombing, Kaban Kesbangpol Prov. Kep. Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si, Tim Perancang Aplikasi Simpoldagri, Dedi Kartika Utama, S.Kom, M.Eng.

    Dalam paparannya, Bangun Sitohang menyampaikan bahwa aplikasi simpoldagri dimaksudkan untuk memudahkan orang dalam mencari informasi tentang perkembangan dinamika dan situasi politik dalam negeri serta pentingnya simpoldagri untuk mengontrol berita yang bersifat Hoax.

    Sementara Emrus sihombing menyampaikan bahwa aplikasi simpoldagri dapat membantu dalam memelihara kebersamaan, mengingat pada tahun politik ini dinamika komunikasi harus dikedepankan antara komunikasi verbal dan non verbal hendaknya harus sejalan agar masyarakat bisa berperan aktif dalam politik.

    Adapun Tarmin menyampaikan terkait aplikasi simpoldagri sebagai sumber informasi data politik dalam negeri, khusus di prov. Kep. Babel akan dilaksanakan pilkada di 3 daerah: kota Pangkal Pinang, Kab. Bangka dan Kab. Belitung, selain 171 daerah di Indonesia.

    Dedi kartika utama membimbing teknis jajaran kesbangpol terkait pengisian data pada simpoldagri, terkait usulan perubahan pada konten yang ada yaitu data parpol, data kepala daerah dan data situasi daerah yang perlu disempurnakan.


    Files Download :

Related Posts