Selasa, 24 April 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemdagri Permudah Izin Penelitian

  • Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) mempermudah proses perizinan penelitian. Peraturan Menteri Dalam Negeri (permendagri) 3/2018 tentang Penerbitan Surat Keterangan Penelitian (SKP) telah diterbitkan.

    Permendagri 3/2018 merupakan revisi Permendagri 7/2014 tentang Perubahan atas Permendagri 64/2011 tentang Pedoman Penerbitan Rekomendasi Penelitian. Salah satu tujuan revisi yakni untuk menyesuaikan dengan Peraturan Presiden 97/2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

    “Kenapa ada revisi? Karena sudah muncul Perpres 97/2014 terkait PTSP. Kalau kita tidak merevisi, ada tumpang tindih antara PTSP dengan Permendagri 64/2011. Dulu dalam Permendagri 64/2011, perizinan itu harus berjenjang. Sekarang tidak lagi,” kata Direktur Jenderal Polpum Soedarmo di Jakarta, Selasa (6/2).

    Sebelum direvisi, dia menjelaskan, perizinan penelitian harus melalui petugas organisasi perangkat daerah (OPD), di antaranya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Saat ini, menurutnya, tak ada lagi izin di Kesbangpol.

    “Dalam Permendagri 64/2011, kalau peneliti sudah dapat SKP di tingkat provinsi atau dari tingkat pusat, mereka harus lapor dulu tingkat provinsi. Mau ke daerah kabupaten/kota mereka harus lapor lagi. Sekarang, tidak ada lagi,” jelasnya.

    Dia menambahkan, begitu peneliti mendapat surat izin dari perguruan tinggi, maka penelitian dapat langsung dilaksanakan di daerah tujuan. “Sebetulnya, permendagri ini lebih mempermudah para peneliti. Enggak ada hal yang memperberat para peneliti untuk melakukan penelitiannya baik insitutsi maupun perorangan,” imbuhnya.

    Pada kesempatan yang sama Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum, Akbar Ali mengatakan, mahasiswa perguruan tinggi dalam negeri tidak lagi memerlukan SKP. “Teman-teman mahasiswa yang mau penelitian di Yahukimo, Papua, dengan surat izin penelitian dari kampus, sudah bisa langsung meneliti di Yahukimo,” kata Akbar.


    Files Download :

Related Posts