Jumat, 25 Mei 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mengenal SIORMAS

  • Apa itu SIORMAS? SIORMAS adalah singkatan dari Sistem Informasi Ormas. Sistem ini merupakan seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, sumber daya manusia, dan teknologi yang saling berkaitan dan dikelola secara terintegrasi yang berguna untuk mendukung manajemen pelayanan publik dan tertib administrasi.

    Keberadaan SIORMAS diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan. Pasal 30 ayat (1) Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 menyatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) membentuk SIORMAS untuk meningkatkan pelayanan publik dan tertib administrasi. Pengelolaan data dan informasi SIORMAS dilakukan dengan menggunakan sistem komputerisasi yang memiliki kemampuan terhubung secara online.

    Dalam hal pengelolaan SIORMAS belum memiliki infrastruktur dengan sistem komputerisasi, pengelolaan data dan informasi Ormas dapat dilakukan secara manual. Pengelolaan data secara manual dapat dilakukan melalui pengiriman data dan informasi ormas melalui pos, pengiriman data dan informasi ormas secara langsung atau pengiriman data dan informasi ormas secara elektronik. Pengiriman data ditujukan kepada Mendagri melalui Ditjen Polpum.

    Pasal 32 Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 mengatur, pengelolaan SIORMAS memuat data dan informasi tentang keberadaan, kegiatan, dan informasi lain yang dibutuhkan. Selanjutnya, Pasal 33 menyatakan Mendagri mengoordinasikan data dan informasi Ormas yang diperlukan secara berkala setiap enam bulan sekali dari kementerian, instansi terkait, dan Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai dengan lingkup tugas, fungsi, dan kewenangannya.

    Pemda bertanggung jawab menyimpan dan mengamankan data dan informasi Ormas yang diajukan kepada Mendagri. Pengamanan data dan informasi Ormas itu dilakukan untuk menjamin tetap tersedia dan terjaga keutuhannya dan terjaga kerahasiaannya. Pengamanan data dan informasi Ormas harus dilakukan sesuai dengan standar pengamanan. Kerahasiaan informasi Ormas dan standar pengamanan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


    Files Download :

Related Posts