Kamis, 25 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Gelar Rapat Penyusunan Instrumen Penguatan Pokja IDI di Daerah

  • Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) melaksanakan Rapat Penyusunan Instrumen Penguatan Pokja IDI di Daerah bertempat di Hotel Royal Kuningan, Rabu (31/1). Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Didik Suprayitno dalam pembukaannya mengungkapkan bahwa rapat penyusunan instrument penguatan Pokja IDI di Daerah ini dapat berkontribusi dalam membangun bersama-sama penguatan Pokja IDI di Daerah.

    "IDI merupakan agenda tahunan Nasional yang diamanatkan dalam Perpres No 5 tahun 2010 tentang RPJMN 2010-2014 dan Perpres No 2 Tahun 2015 tentang RPJMN Tahun 2015-2019. Ada 3 aspek penting dalam pembangunan demokrasi yang menjadi induk dari IDI ini yakni Civil Liberties, Political Rights dan Institution Of Democracy," tegasnya.

    Didik, mengatakan tujuan dari penguatan Pokja IDI ini agar Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan lainnya mempunyai alat ukur perkembangan indeks demokrasi di Indonesia dalam dasar perbaikan pembangunan politik dan demokrasi. Dikarenakan masih banyak yang belum mengerti apa substansi dari IDI itu sendiri. Maka dari itu, peran Pemerintah Pusat dalam hal ini khususnya Ditjen Polpum melalui Direktorat Politik Dalam Negeri agar bisa memfasilitasi Pokja IDI di Provinsi dan daerah agar sesuai dengan amanat UUD 45, Pancasila dan NKRI.

    Kegiatan diskusi dalam ruang rapat berjalan aktif, banyak usulan dan ide-ide baru yang keluar agar dalam perjalanannya penguatan Pokja IDI di daerah ini dapat berlangsung secara efektif, tepat sasaran dan efisien tentunya.

    Kasubdit Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan Dedi Taryadi menambahkan, Kemendagri selaku Pemerintah Pusat mempunyai 5 buah gagasan sebagai bentuk upaya Kementerian Dalam Negeri khususnya Ditjen Polpum agar bisa mengakomodir dan memfasilitasi kegiatan Penguatan Pokja IDI di daerah.

    Sebelumnya, Asisten Deputi Politik Dalam Negeri Kemenkopolhukam Widiyanto Poesoko mengatakan agar pihak Pusat khususnya Kemendagri bersama pihak-pihak yang terkait hal ini agar 'menjemput bola' ke Pokja di daerah-daerah dan cepat untuk mensosialisasikan apa itu maksud dari penguatan Pokja IDI tersebut.

    Pada rapat kali ini turut hadir pula para pejabat Kementerian PPN/Bappenas, Kemenkopolhukam dan BPS serta pejabat lingkup Direktorat Politik Dalam Negeri. 


    Files Download :

Related Posts