Senin, 24 September 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Presiden Ajak Mahasiswa Jaga Pancasila

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak generasi muda yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) tampil sebagai generasi pemberani yang gigih menjaga serta mengamalkan ideologi bangsa Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    Ajakan itu disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada pembukaan Kongres ke-30 dan Majelis Permusyawaratan Anggota ke-29 PMKRI, di Jakabaring City Sport, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/1).

    “Saya mengajak adik-adikku seluruh anggota PMKRI untuk terus menjadi mahasiswa-mahasiswa yang penuh kasih, berani menjadi ujung tombak persatuan Indonesia, berani mengawal pembangunan nasional, dan berani menjadi pelopor Indonesia bersih dari korupsi,” kata Presiden Jokowi.

    Pada kongres bertema “Membumikan Pancasila Menuju Indonesia Berdaulat,” Presiden Jokowi juga menyampaikan berbagai upaya pemerintah untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

    Menurut Presiden Jokowi, salah satu upaya pemerintah mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia adalah membangun infrastruktur, yang kini gencar dilakukan di seluruh Tanah Air.

    Ia meyakini, ketersediaan infrastruktur dapat menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia, yang memiliki beragam suku, agama, dan bahasa.

    “Itulah kenapa kita membangun jalan Trans Papua. Itulah kenapa kita membangun jalan Trans Kalimantan. Itu semua karena kita ingin saudara-saudara kita yang berada di Papua, yang berada di Kalimantan juga menikmati bagusnya infrastruktur,” kata Presiden Jokowi.

    Upaya lainnya yang dilakukan pemerintah adalah menerapkan kebijakan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di seluruh pelosok Tanah Air.

    “Saya minta harga BBM di Pulau Jawa, Sumatera, sampai Papua sama. Sudah delapan bulan harga BBM di Papua, di Pegunungan Tengah sama seperti yang kita nikmati di Pulau Jawa,” kata Presiden Jokowi.

    Menurut Presiden Jokowi, kawasan perbatasan juga tak luput dari perhatian pemerintah. Disebutkan, sejumlah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dulunya tak tersentuh tangan pemerintah, kini telah berubah menjadi salah satu ikon kebanggaan rakyat Indonesia.

    “Silakan dilihat di perbatasan kita ini seperti apa? Kebanggaan sebagai bangsa besar itu harus ada. Buat saya sangat penting sekali bahwa masyarakat, bahwa kita semuanya harus bangga sebagai warga negara Indonesia,” tegas Presiden Jokowi.

    Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan jajaran PMKRI mengenai kontestasi politik yang akan berlangsung di Indonesia. Pada 27 Juni mendatang akan diselenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak di 171 daerah.

    Oleh sebab itu, ia berpesan agar para kandidat, masyarakat, dan mahasiswa mampu mencerminkan karakter-karakter keindonesiaan yang santun selama proses demokrasi lima tahunan itu berlangsung.

    “Marilah kita jalankan proses demokrasi ini dengan damai dan rukun. Jangan sampai karena pilihan politik, hubungan antartetangga menjadi pecah, menjadi tidak saling menyapa, antarkampung menjadi tidak rukun, menjadi tidak saling menyapa,” kata Presiden Jokowi.

    Mendampingi Presiden Jokowi pada acara itu, di antaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Ketua Presidium PMKRI Angelius Wakekako.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Jokowi: Jangan Sampai Pemilu Hilangkan Kerukunan Bangsa

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat Indonesia jangan sampai terpecah belah karena persoalan pilkada dan pemilu. Presiden meminta para politikus memberikan contoh pendidikan politik yang baik…
  • sample9

    Jokowi Ditantang Berani Tiru Bung Karno

    Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK telah melewati 100 hari masa kerja. Beberapa menteri dinilai berkinerja buruk selama tiga bulan menjabat dan mulai muncul desakan Jokowi segera mencopot menteri tersebut.   Politikus…
  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…
  • sample9

    Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Masih Tinggi

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, menyebut kepercayaan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo masih cukup tinggi. Menurutnya, 70 persen masyarakat memberikan nilai 6-10 terhadap…