Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Akan Beri Penghargaan Kepada Ormas Yang Ikut Membangun Bangsa

  • Direktur Organisasi Kemasyarakatan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) La Ode Ahmad mengungkapkan, Indonesia telah 72 tahun merdeka. Dalam proses merebut kemerdekaan, pergerakan Organisasi kemasyarakatan (Ormas) memiliki peran penting dalam melawan penjajah selain TNI.

    Di mana keberadaan ormas dianggap bisa menjadi perekat kebangsaan. Yang mana ormas bermitra dengan pemerintah dalam mendukung pencapaian tujuan negara. Ormas menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam menjaga sekaligu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

    "Pemerintah memiliki kewajiban memberdayakan Ormas. Pemberdayaan Ormas antara lain dilakukan melalui peningkatan kapasitas kelembagaan salah satunya pemberian penghargaan Pemerintah kepada Ormas," kata La Ode pada rapat persiapan dalam rangka Forum Komunikasi dan Koordinasi Nasional di ruang rapat Dit Ormas Ditjen Polpum, kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (22/11).

    Dalam rapat ini diikuti oleh pejabat dan staf Ditjen Polpum serta perwakilan dari Komponen terkait.

    Ia juga menjelaskan, penganugerahan ini merupakan inisiasi dari Dirjen Polpum Soedarmo sebagai apresiasi terhadap ormas yang dinilai memberikan dampak positif dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional.

    "Tujuan dari penghargaan terhadap Ormas adalah menumbuhkan keinginan untuk memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi kesatuan dan persatuan bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, terwujudnya hubungan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat dan meningkatnya partisipasi dan keberdayaan Ormas," kata La Ode Ahmad.

    Lanjut La Ode, pemberian penghargaan juga bagian dari kegiatan Forum Komunikasi dan Koordinasi Nasional Tahun 2017. Penghargaan diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Ormas yang memiliki rekam jejak dalam member sumbangsih besar dalam pencapaian tujuan pembangunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

    "Penghargaan akan diberikan kepada Ormas berdasarkan klasiifikasi yaitu Kebudayaan, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Pemberdayaan Perempuan serta penghargaan khusus untuk kategori Long Life Achievement," lanjutnya.

    Pelaksanaan kegiatan ini sendiri, sambung La Ode, akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2017 bertempat di salah satu hotel di Jakarta. Akan diundang Panglima TNI, Kapolri, Kepal BIN, dan DIrjen AHU Kemenkumham. Selain itu akan diundang Pejabat Kesbangpol Provinsi seluruh Indonesia serta pengurus Ormas tingkat Pusat se-Jabodetabek.


    Files Download :

Related Posts