Selasa, 18 September 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Selenggarakan Rapat Evaluasi Penanganan Konflik Daerah

  • Ditjen Polpum menyelenggarakan Rapat Evaluasi Aksi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial tingkat Provinsi Periode Pelaporan Target B.08 tahun 2017. Kegiatan ini sebagai evaluasi terhadap upaya sinergitas dan sinkronisasi penanganan konflik sosial wilayah barat khususnya se-Sumatera dan Jawa agar lebih terstruktur, terarah, dan terukur.

    Rapat dibuka oleh Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Didi Sudiana, dan di sambut langsung oleh Asisten gubernur bidang pemerintahan Angky Renjaan di kota Ambon provinsi Maluku, Jumat (20/10).

    Didi menjelaskan, pembentukan tim terpadu penanganan konflik sosial khususnya di daerah, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan keterpaduan dan koordinasi antar aparatur pemerintah daerah dengan instansi vertikal terkait di daerah. Hal tersebut dalam rangka mengefektifkan penanganan konflik sosial melalui langkah-langkah kegiatan seperti pencegahan, penghentian, dan pemulihan pasca konflik.

    "Melalui rapat evaluasi ini saya kembali menekankan bahwa pelaksanaan rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial menjadi penting dan strategis untuk kita laksanakan bersama, demi menjaga kondusifitas keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di daerah," Tegas Didi.

    Sesditjen Polpum kemudian menjelaskan bahwa pada saat ini, kegiatan evaluasi rencana aksi B.08 yang dilaksanakan di kota Ambon, Maluku. Akan tetapi seluruh pesertanya adalah berasal dari provinsi di wilayah Sumatera dan Jawa. Sementara untuk provinsi di wilayah timur, pelaksanaan evaluasi rencana aksi B.08 akan dilaksanakan di Yogyakarta. 

    Hal ini sengaja direncanakan dengan tujuan untuk saling tukar menukar informasi, mengenal permasalahan-permasalahan yang terjadi di wilayah masing-masing, serta memperoleh alternatif solusi dalam rangka penanganan konflik sosial sesuai dengan karakteristik daerah, kebijakan pemerintah daerah dan nilai-nilai kearifan lokal dari masing-masing daerah. 

    Rapat tersebut dilaksanakan di The City Hotel Ambon. Dihadiri oleh pejabat kemendagri dan fungsional umum baik di direktorat maupun sekretariat, lingkup Ditjen Polpum, serta peserta dari kesbangpol se-Jawa dan Sumatera.


    Files Download :

Related Posts