Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Kemendagri Adakan Forum Dialog Guna Hadapi Pilkada di Jawa Timur

  • Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Didi Sudiana, menghadiri sekaligus membuka forum dialog dalam rangka pencegahan dini terhadap perkembangan konflik di daerah, dan pembahasan isu strategis lainnya. Forum dialog tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. 

    Forum tersebut berdialog dan berkoordinasi dalam mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin timbul dalam menghadapi persiapan Pilkada serentak 2018 maupun Pemilu 2019 wilayah Jawa Timur. Harapan Sekretaris Ditjen Polpum, untuk terus menjaga dan mengupayakan terciptanya kondisi yg aman, tenteram, tertib, dan damai. 

    Hal tersebut merupakan tugas bersama pemerintah pusat, daerah, hingga pemerintah desa untuk mewujudkan kondisi demikian. Terlebih dalam menghadapi dan mengendalikan situasi serta kondisi daerah menghadapi tahun politik yang akan datang. 

    Menurut Didi, berbagai kasus krusial harus diantisipasi agar tidak terjadi dan terulang kembali. Konflik tersebut yaitu pembangunan tol di Ngawi, Blitar, Madura dan Kediri. Selain itu konflik pembangunan patung di Tuban, hingga konflik pilkades di Madura dan Tapal Kuda. Kondisi-kondisi seperti tersebut ke depannya jangan sampai terulang lagi.

    Sekretaris Ditjen Polpum juga mengingatkan agar terus melakukan upaya-upaya deteksi dan pencegahan dini, serta meningkatkan koordinasi, keterpaduan, antar aparatur pemda dan pusat melalui tim terpadu penanganan konflik sosial, Forkopimda dan Kominda. 

    "Pemetaan wilayah potensi konflik dan pemberdayaan forum-forum, serta penyampaian data dan informasi yang akurat dan cepat juga harus terus di pertahankan," kata Didi.

    Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di Java Paragon Hotel kota surabaya Provinsi Jawa Timur, Jumat(13/10). Turut Hadir dalam acara ini staf khusus Menteri Dalam negeri Budi prasetyo, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur Jonathan, Forum Kerukunan Umat Beragama Jawa Timur, FKDM Jawa Timur dan seluruh Kaban Kesbangpol Kab/Kota se-Jawa Timur.


    Files Download :

Related Posts