Senin, 23 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

“Presidential Threshold” Tidak Batasi Pengusulan Capres

  • etua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy menyebutkan bahwa ketentuan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) dinilai DPR tidak membatasi hak konstitusional warga negara untuk mencalonkan diri. ”Pemohon tidak dibatasi haknya untuk diusulkan sebagai calon presiden apabila diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi syarat berdasarkan ketentuan undang-undang ini,” kata Lukman ketika memberikan keterangan selaku perwakilan DPR RI dalam sidang uji materi terkait ketentuan ambang batas pencalonan presiden.

    Lebih lanjut Lukman menjelaskan, ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional dari acuan pemilu yang sebelumnya, hal ini mengacu pada ketentuan Pasal 6A ayat (2) UUD 1945. A dapun ketentuan Pasal 6A ayat (2) UUD 1945 berbunyi sebagai berikut, “Pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum”.

    Lukman memaparkan ketentuan Pasal 6A ayat (2) UUD 1945 ini memiliki tiga maksud, yaitu pertama yang menjadi peserta pemilu bukanlah partai politik atau gabungan partai politik melainkan calon presiden dan wakil presiden.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Menciptakan Pilpres yang Demokratis dan Bermartabat

    Menjelang Pilpres 2014 berbagai trik dan intrik dilakukan calon presiden (Capres) melalui partai politiknya. Tidak ada kata menyerah, berbagai hal dilakukan dalam merebut parpol untuk berkoalisi agar memenuhi standar pencapresan.Capres…
  • sample9

    RUU Pilpres Dihentikan Karena PT

    Anggota Baleg Fraksi PDI Perjuangan, Arif Wibowo menjelaskan, pembahasan revisi UU Pilpres menjadi kontraproduktif karena fraksi bersikukuh pada persoalan mempertahankan atau menurunkan angka presidential thereshold. "Yang tidak produktif itu thereshold.…