Selasa, 17 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Parpol Berperan Besar Menjaga Nasionalisme

  • Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono mengatakan, saat ini kultur individualisme yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila, yaitu gotong royong, terus menggerus dunia, termasuk rakyat Indonesia. Jika tidak dipertahankan, kultur individualisme itu bisa mengganggu nasionalisme Indonesia.

    Partai politik (parpol) berperan besar dalam menjaga agar nasionalisme bisa tumbuh dan berkembang di sanubari rakyat Indonesia. Hal itu dikatakan Diaz saat menghadiri acara pelantikan pengurus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kepulauan Riau di Batam, Senin (10/9).

    Pada kesempatan itu, Diaz menekankan bahwa partai politik memainkan peran untuk selalu mengingatkan kadernya tentang prinsip-prinsip Pancasila sebagai upaya menjaga nasionalisme.

    “Dulu rakyat berkumpul di alun-alun untuk berinteraksi secara langsung. Sekarang, itu mulai berkurang, karena adanya teknologi. Sementara, gejala intoleransi merebak di mana-mana. Mushala dibakar, gereja dibakar, wihara dibakar. Indonesia tidak bisa seperti ini,” ujarnya.

    Menurut Diaz, kultur individualisme itu tidak boleh memecah nasionalisme bangsa Indonesia. Sebab, bagaimana pun gotong royong masih diperlukan dalam pembangunan bangsa. Dalam hal ini, dia menegaskan, terobosan pemerintah untuk menurunkan harga semen menjadi Rp 500.000/sak di Papua tidak akan pernah terwujud tanpa ada gotong royong, terutama dari BUMN dan TNI AU. Begitu juga halnya dengan kebijakan BBM satu harga.

    Selain mengucapkan selamat kepada kader yang dilantik, Diaz juga mendengarkan aspirasi masyarakat Batam untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Batam ini tengah mengalami stagnansi. Pertumbuhan ekonomi menjadi sangat sulit. Mohon disampaikan kepada Bapak Presiden,” ujar Ketua Dewan Penasihat DPP PKPI Kepulauan Riau, Sastra Wijaya.

    Ketua PKPI Kepri, Firmanysah menambahkan, pihaknya bertekan untuk menjadi partai dengan perolehan suara tiga besar periode kepengurusannya saat ini. Dia juga menyerukan bahwa tidak boleh ada perpecahan di tubuh PKPI, yang serentak disambut oleh para tamu acara.

    Sementara, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional PKPI Djati Nuswanto juga mengajak warga Pulau Batam untuk menjadi ujung tombak dalam menjaga kedaulatan NKRI.

    Acara itu juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, seperti Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat), Himpunan Masyarakat Bima Kota Batam, serta Srikandi Kota Batam. Mereka menyatakan dukungan terhadap PKPI, yang diterima langsung oleh Firmanysah. Acara ditutup dengan penampilan Kelompok Zikir Melayu dari SMA 07 Pulau Kasu dan Kesenian Zikir Sanggar Dang Gemini.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.