Selasa, 26 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Akan Hidupkan Kembali Siskamling

  • Ancaman radikalisme dan terorisme yang semakin membahayakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo berencana untuk memolisikan atau kembali mengaktifkan siskamling di setiap wilayah sampai ketingkat RT dan RW. 

    “Ada empat ancaman nyata saat itu, yaitu radikalisme dan terorisme, narkoba, korupsi dan ketimpangan sosial, saya ingin memolisikan wilayah sampai ketingkat RW dan RT,” kata Tjahjo Kumolo kepada wartawan di Bandung, Selasa (22/8).

    Empat masalah tersebut harus dicermati dengan baik, kuncinya stabilitas nasional yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah pemerintahan baik pusat sampai ke kelurahan dan desa.

    “Detaksi dini itu sangat penting. Maka kami mohon melibatakan seluruh aparatur supaya bisa mencermati gerakan perkembangan yang ada,” ujar Tjahjo.

    Kondisi ini lanjut Tjahjo, hilang pasca reformasi, sehingga dirinya akan melakukan pemolisian di tingkat RT dan RW dengan meningkatkan siskamling.

    "Kalaupun tidak siskamling mau membayar satpam harus detail jaganya. Kalau ada warga di luar warga yang bermalam disitu harus di data, dia siapa? Kenapa dia bermalam? Keluarganya siapa?," tegasnya.

    Jika ada hal yang mencurigakan, Tjahjo meminta segera untuk melaporkannya ke pihak kelurahan atau langsung ke polsek. 

    "Jadi harus benar terdata dengan baik, jumlah keluarganya dalam satu rumah itu ada berapa? Ini untuk antisipasi masalah-masalah radikalisme, narkoba dan sebagainya. Ini penting sekali," tutupnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…