Kamis, 19 April 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Penting, Peran Parpol Dalam Meningkatkan Capaian Indeks Demokrasi

  • Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memandang sangat penting peran partai politik (parpol) dalam meningkatkan capaian Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). Oleh karena itu, komunikasi dan koordinasi dalam rangka optimalisasi peran parpol dalam meningkatkan capaian tersebut perlu terus dilakukan.  

    “Pentingnya peran parpol dalam meningkatkan capaian Indeks Demokrasi Indonesia,” kata Kasubdit Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Dedi Taryadi saat membuka FGD Penguatan Kelompok Kerja (Pokja) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Hotel Aston Niu Manokwari, Papua Barat, mewakili Dirjen Polpum Kemendagri, Kamis (10/8/2017).

    Di sisi lain, jelas Dedi, pemahaman anggota Pokja IDI terhadap tantangan ke depan dalam pembangunan demokrasi dan politik di Indonesia juga perlu terus-menerus ditingkatkan. Utamanya untuk meningkatkan capaian Indeks Demokrasi Indonesia di masing-masing provinsi. Salah satu solusinya adalah optimalisasi peran Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi selaku Ketua Pokja IDI.

    “Untuk lebih optimal dalam meningkatkan komunikasi dan koordinasi serta pemberdayaan peran kepengurusan Pokja IDI,” tuturnya.               

    Terkait kegiatan FGD Pokja IDI di Papua Barat ini, didampingi Kasi Lembaga Pemerintahan Ditjen Polpum Kemendagri Rahmat Santoso, Dedi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari serangkaian kegiatan program IDI dalam pembangunan politik  dan demokrasi. Kegiatan ini dilakukan untuk penguatan Pokja demokrasi serta Penyusunan Strategi Peningkatan IDI di Papua Barat.

    Kegiatan FGD Pokja IDI di Papua Barat ini pun turut dihadiri peninjau dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) serta Anggota Pokja IDI Provinsi Papua Barat.

    “Persamaan persepsi atas arti pentingnya IDI dari seluruh stakeholders merupakan  dasar utama dalam upaya konsolidasi demokrasi, pentingnya  koordinasi dan sinergitas dalam rangka peningkatan capaian IDI,” ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.