Jumat, 19 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Alokasi Keuangan Negara Untuk Parpol Mutlak Diperlukan

  • Partai politik (parpol) tak bisa dibiarkan begitu saja memenuhi kebutuhan pembiayaan lembaganya. Tak sedikit negara-negara di dunia yang turut serta membantu pembiayaan kebutuhan parpolnya. Upaya ini dilakukan tidak lain demi menjaga keberlangsungan hidup parpol.

    “Jika memiliki visi yang sama untuk memperbaiki kualitas demokrasi dan tatanan sistem politik di Indonesia, maka alokasi keuangan negara untuk pembiayaan parpol mutlak diperlukan untuk dapat membantu memperbaiki tata kelola partai politik,” kata Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Partai Politik Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drs. Syamsuddin, M.Si, saat menjadi pemateri pada acara Sosialisasi UU Pemilu kepada Pengurus Partai Politik di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Selasa (8/8/2017).

    Kemendagri, jelas Syamsuddin, juga terus berupaya memperbaiki tata kelola keuangan parpol di Tanah Air. Agar pengelolaan keuagan parpol ke depan lebih transparan dan akuntabel sesuai amanat UU No 2 tahun 2011 tentang Partai Politik. Diantaranya, melakukan bimbingan teknis dan pendidikan politik kepada parpol di seluruh provinsi dan kabupaten/kota terhadap tata kelola keuangan parpol.

    Saat ini, lanjutnya, Kemendagri juga sedang menyiapkan rancangan revisi PP No. 5 tahun 2009 dalam rangka pengaturan tata kelola keuangan parpol yang bersumber dari APBN/APBD yang akuntabel serta rencana kenaikan bantuan keuangan parpol.

    “Bantuan keuangan kepada parpol tersebut merupakan hak parpol menerima keuangan yang bersumber dari APBN/APBD dan kewajiban parpol yaitu menyampaikan laporan pertanggungjawaban sesuai amanat UU No. 2 tahun 2011 tentang parpol,” tuturnya.

    Seperti diketahui, pada tahun 2001 bantuan keuangan parpol yang bersumber dari APBN dialokasikan Rp1.000 per suara. Lalu tahun 2004 diberlakukan Rp21 juta per kursi. Dan sejak tahun 2009 dialokasikan hanya Rp108 per suara.


    Files Download :

Related Posts