Selasa, 17 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kita Harus Beri Perlakuan Yang Lebih Baik Kepada Parpol

  • Partai politik (parpol) memiliki peran yang sangat vital dalam sistem demokrasi. Parpol adalah bagian hulu dari sebuah sistem politik atau dapat dikatakan sebagai produsen dalam sistem politik. Oleh sebab itu, parpol harus baik dan sehat agar dapat membangun sebuah sistem demokrasi yang baik dan sehat pula.

    “Tidak ada jalan lain, kita harus memberikan perlakuan yang lebih baik kepada parpol karena posisinya yang vital dalam sistem demokrasi,” kata Direktur Politik Dalam Negeri Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, di sela-sela kegiatan dialog pemerintah dengan masyarakat dan parpol yang digelar di Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (25/7/2017).

    Bahtiar mengatakan, sehatnya parpol di Tanah Air tentu akan mendorong terwujudnya sistem politik yang sehat, berkualitas, dan lebih baik sesuai amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan cita-cita reformasi.

    “Selama hulunya sistem politik atau pabriknya belum sehat maka energy kita habis mendiskusikan dan menangani dampaknya atau hilirnya,” tuturnya.

    Perlakuan terhadap parpol di Indonesia saat ini, lanjut Bahtiar, sudah baik. Namun, bentuk-bentuk intervensi negara untuk meningkatkan kualitas performa parpol masih sangat rendah. Salah satunya, soal dukungan pendanaan parpol. Di Indonesia saat ini parpol dibiarkan bertarung dan mencari dana sendiri untuk survive atau bertahan hidup. Bantuan keuangan negara untuk parpol hanya Rp108 per suara atau 0,00063 persen dari total kebutuhannya.

    Pembiayaan parpol, sambungnya, memang merupakan masalah yang paling rumit dalam pengelolaan parpol di seluruh negara, tak hanya Indonesia. Namun, di negara-negara maju, bantuan parpol diberikan antara 30 persen hingga 70 persen, bahkan ada yang sampai 100 persen seperti Uzbekistan.

    “Maka wajarlah (dengan dukungan dana untuk parpol yang masih sedikit) jika 17 tahun reformasi, konsolidasi demokrasi belum terwujud,” ujar Bahtiar. 


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.