Senin, 22 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jelang Pemilu Serentak 2019, Ditjen Polpum Gelar Dialog Politik

  • Jelang Pemilu Serentak 2919 , Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Direktorat Politik dalam Negeri (Poldagri) Gelar Forum Dialog Pemerintah dengan masyarakat dan partai politik. Kegiatan tersebut berlangsung di Belagri Hotel Puncak Arfak Kota Sorong, Selasa (25/07)

    Forum dialog tersebut  mengangkat thema Sinergitas Kebangpol dengan partai politik dalam meingkatkan transparansi dan akunrabilitas pengelolaan bantuan keuangan partai politik.

    Direktur Politik dalam Negeri Dr.Drs Bahtiar M.Si Bahtiar mengatakan, kegiatan tersebut  berkait dengan tata cara penganggaran dan tanggung jawab pelaksanaan bantuan anggaran pada partai politik sekaligus guna mendapatkan masukan besaran bantuan keuangan partai politik yang proporsional.

    “Sumber pembiayaan harus di tingkatkan baik parpol Kota/ Kabupaten maupun Provinsi. Tahun 2001 sudah Rp.1000 persuara namun kita usulkan lagi untuk Menteri Keuangan setuju  Rp.1000 persuara karena di tahun 2008 sejak ada PP nomor 5 tahun 2009 turun menjadi Rp.108  persuara jadi sebenarnya ini tidak naik,”Ujar Bahtiar saat di wawancarai Awak media di sela-sela kegiatan.

    Lanjut Bahtiar, Kalau untuk mendorong perubahan, kemendagri sendiri usulkan Rp.5400 persuara .Namun kita belum bisa usulkan terlalu tinggi karena realistis dengan kekuatan APBN maupun ABPD kita.

    Menurutnya, pembiayaan operasional sekertariatan itu tidak cukup untuk membiayai Musyawarah Nasional (Munas), Musyawarah Daerah (Musda) belum lagi pendidikan poltiktk bagi masyarakat.

    Untuk itu Bahtiar berharap kepada peserta Forum dialog Politik ini untuk mampu secara subtansi memahami produk hukum dimaksud  sehingga nantinya dapat lebih mempermudah memberikan pelayanan tugas selaku Tim verifikasi bantuan keuangan kepada partai politik.

    “Serta diharapkan peserta kegiatan lebih proaktif berbagi informasi sesuai tugas masing-masing sekaligus memberikan masukan dan juga mencarikan solusi terhadap rencana pemerintah menaikkan bantuan keuangan kepada partai politik” Pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.