Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Dukung Kesiapan Pilkada dan Pemilu Serentak 2019, Kemendagri Gencarkan Pendidikan Politik

  • Dalam rangka mendukung kesiapan dan kelancaran penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu Serentak 2019, Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali melakukan pendidikan politik untuk masyarakat ke sejumlah daerah.

    “Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mengawal agenda demokrasi Pemilu Serentak 2019 dan Pilkada Serentak 2018,” kata Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Ditjen Polpum Kemendagri Bahtiar saat mengikuti kegiatan Pendidikan Etika dan Budaya Politik di Jambi,  Jumat (14/7/2017).

    Kegiatan pendidikan politik untuk masyarakat Jambi ini diikuti berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, organisasi kemasyarakatan (ormas), unsur pemerintahan, dan masyarakat. Bahtiar menekankan pentingnya kesiapan masyarakat di Provinsi Jambi dalam menyongsong agenda Pemilu Serentak 2019 serta Pilkada Serentak 2018.

    “Nilai kearifan lokal berpolitik harus dijaga dan juga dalam pemilihan nanti masyarakat harus melek demokrasi dan partisipasi harus lebih ditingkatkan,” pesannya.

    Kegiatan pendidikan politik untuk masyarakat ini, sambung Bahtiar, juga diharapkan bisa menjadi salah satu alat atau instrumen yang mampu mendorong kesadaran publik tentang kesadaran politik, mengelola etika dan budaya berpolitik di berbagai kalangan, terutama generasi muda.

    “Kondisi dinamika kehidupan politik bangsa kita saat ini harus disikapi dengan keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan yang datang dari luar maupun dalam negeri, untuk menjamin kelangsungan kehidupan politik bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945,” ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…