Sabtu, 21 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Presidential Threshold Jaga Kualitas Calon Presiden

  • Posisi Pemerintah yang ingin mempertahankan Presidential Treshold (Pres-T) tidak akan mereduksi substansi demokrasi. Karena esensi demokrasi bukan ditentukan oleh banyaknya jumlah capres-cawapres seperti diinginkan oleh sejumlah fraksi di DPR RI.

    "Justru sebaliknya, sistem pemilu yang hendak kita bangun sudah tepat dengan Presidential Threshold, karena mendorong peningkatkan kualitas capres-cawapres yang sejalan dengan upaya penguatan substansi demokrasi serta konsolidasi demokrasi," kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Kamis (29/6).

    Lagipula, Tjahjo mengingatkan bahwa fakta dan psikologi politik dari hasil tiga pemilu terakhir, presiden terpilih didukung oleh kekuatan parlemen kurang dari 50 persen plus satu. Sehingga presiden terpilih tersandera oleh kekuatan parlemen yang dominan.

    Dalam kondisi politik yang tidak stabil demikian, Presiden terpilih tidak dapat segera merealisasikan visi, misi, program dan janji-janji politiknya semasa kampanye karena disandera oleh fragmentasi kekuatan politik yang sangat lebar. Presiden terpilih terpaksa harus melakukan konsolidasi politik dengan parpol/kekuatam politik yang tidak ikut berkeringat memperjuangkan terpilihnya capres yang bersangkutan.

    Dengan demikian, tuduhan bahwa Pres-T hanya menguntungkan pihak tertentu adalah tidak benar. Justru sebaliknya Pres-Tmenciptakan sistem politik lebih adil bagi partai-partai serta mendorong terbangunnya konsolidasi politik yang lebih sehat dan kondisi politik stabil.

    "Percepatan pembangunan di segala bidang hanya dapat dilakukan jika ditopang oleh stabilitas politik yang cukup," begitu diingatkan Tjahjo.

    Dan jika menggunakan logika dampak ikutan yang diharapkan dari proses pemilu serentak 2019, maka ketika pemilih mencoblos capres-cawapres pilihannya, maka pemilih juga mencoblos parpol pengusung capres-cawapres yang bersangkutan. Dengan demikian, signifikan atau berbanding lurus antara pilihan capres dengan pilihan parpol.

    "Pada kondisi tersebut, capres terpilih signifikan dan diikuti bertambahnya kekuatan parpol pendukung capres," tukas Tjahjo.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…