Sabtu, 21 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Parpol Pendukung Pemerintah Diharap Samakan Sikap soal RUU Pemilu

  • Anggota Pansus RUU Pemilu dari Fraksi PDI Perjuangan, Arif Wibowo, mendorong agar semua isu di RUU Pemilu diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Diharapkan juga agar parpol pendukung Pemerintah bisa solid, bersatu dalam menyamakan pandangan serta sikap.

    Arif mendorong agar parpol tak terlalu bersikeras dengan pendapatnya masing-masing. Baginya, sikap demikian menjadi penting sehingga waktu yang tersedia untuk lobi antarfraksi hingga 20 Juli mendatang bisa berlangsung dengan baik.

    "Bagi kami, jalan musyawarah mufakat harus kita utamakan," kata Arif, Selasa (20/6).

    Secara khusus, Arif juga berharap agar semua fraksi pendukung Pemerintah bisa bersatu dan menyamakan pandangan atas berbagai isu yang ada. Menurut dia, salah satu penyebab belum selesainya pembahasan isu RUU Pemilu adalah fraksi pendukung Pemerintah sudah punya arah sama, namun belum memiliki titik temu terkait perkara yang ada.

    Disampaikan Arif, semua pihak harus bersedia menyatukan kepentingan demi menyelesaikan proses revisi UU itu. Dan apabila tidak selesai, tentu saja ada opsi kembali ke UU lama diikuti penerbitan Perppu oleh Pemerintah.

    “Kalau semua mengambil posisi sangat keras, terutama terhadap pemerintah, maka kami sebagai fraksi utama pendukung pemerintah akan memberi dukungan sepenuhnya. Termasuk soal Perppu. Karena tugas utama kami adalah menjaga pemerintahan," jelas Arif.

    Anggota Pansus RUU Pemilu dari Fraksi Nasdem, Johnny G.Plate, menegaskan pihaknya siap melakukan upaya apapun dalam penyelesaian RUU Pemilu. Dan kalaupun tak selesai, Nasdem siap mendukung Pemerintah mengeluarkan Perppu Pemilu.

    "Jika lobi buntu, Perppu bisa dikeluarkan Pemerintah. Dan kami siap juga jika pemerintah mengeluarkan kebijakan apapun, termasuk Perppu sekali pun," tandas Johnny.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.