Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

RUU Pemilu Dinilai Abaikan Isu Pemberantasan Korupsi

  • Problem korupsi politik merupakan akar dari masalah korupsi yang terjadi di Indonesia. Kontestasi politik melalui pemilihan umum atau pemilu menjadi celah masuk kejahatan korupsi. Persoalan politik uang, misalnya, masih relatif tinggi dilakukan. Tapi sayangnya, isu pemberantasan korupsi tidak menjadi fokus dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu.

    “Praktik politik uang tidak hanya dilakukan oleh peserta pemilu, tetapi juga penyelenggara sampai pemilih. Produk kebijakan melalui UU Pemilu nyatanya belum optimal menjerat pelaku dan menyelesaikan persoalan korupsi politik di Indonesia,” kata peneliti Transparency International Indonesia (TII), Agus Sarwono, di Jakarta, Minggu (4/6).

    Menurut Agus, pembahasan RUU Pemilu di DPR telah memasuki tahap krusial. Rangkaian pembahasan RUU Pemilu telah dilakukan sejak medio 2016. Kebijakan ini awalnya ditargetkan selesai awal 2017, namun pada kenyataannya mundur hingga Juni 2017. Panitia Khusus RUU, kata Agus, juga sudah menargetkan pengambilan keputusan terhadap lima isu krusial selesai pada 8 Juni mendatang.


    Files Download :

Related Posts