Selasa, 19 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: Pancasila Sudah Final Bagi Indonesia

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

    Dalam sambutannya, Tjahjo menyatakan peringatan Hari Pancasila dilakukan untuk menegaskan kembali proses ketatanegaraan Indonesia yang telah diproklamirkan dan disepakati bersama?. Yaitu Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

    "Tadi pagi ? Bapak Presiden telah memimpin upacara di Gedung Pancasila. Beliau menegaskan, Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sudah final bagi Indonesia yang merdeka," ujar Tjahjo.

    Karena itu, kata Tjahjo, setiap keputusan terkait politik, pembangunan, maupun kebijakan lain yang menyangkut hajat hidup orang banyak, harus mampu menjabarkan butir-butir dari lima sila dalam Pancasila.

    Baik itu di tingkat pusat hingga pemerintahan paling bawah, perguruan tinggi, lembaga-lembaga, partai politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Indonesia.

    ?Menurut Tjahjo, dalam kesempatan kali ini kemendagri atas nama pemerintah pusat mengundang sejumlah pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta.

    Tujuannya, untuk menandatangani nota kesepahaman bersama mengenai penguatan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan negara.

    "Kemendagri sebagai poros pemerintahan punya komitmen dan sudah menyampaikannya ke seluruh pemerintah daerah, agar dalam menjabarkan putusan politik pembangunan di daerah melibatkan perguruan tinggi," kata Tjahjo.????

    Dia menyatakan, hal ini penting disampaikan agar kebijakan politik pembangunan yang ada lebih memahami kultur budaya, aspek pemertaan dan keadilan untuk kemaslahatan daerah masing-masing.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…