Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Badan Kesbangpol Diminta Mulai Sosialisasi Pilkada dan Pemilu 2019

  • Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri Bahtiar mengatakan, tahapan pemilu serentak 2019 sudah akan dimulai pada Agustus 2018.

    Pemilu 2019 dilakukan serentak untuk memilih calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan pemilihan presiden-wakil presiden (pilpres).

    Sementara, pilkada serentak 2018 juga akan digelar di 171 daerah, termasuk Pilgub Sulawesi Selatan dan 12 kabupaten/kota di Sulsel.

    Karenanya, Bahtiar meminta jajaran Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mulai menyiapkan sosialisasi mengenai pilkada serentak 2018 dan pemilu serentak 2019.

    Terutama nantinya sosialisasi UU Pemilu, yang saat ini RUU-nya sudah masuk tahapan pembahasan oleh Tim Perumus.

    “Silakan habis ini minta ke gubernur, bupati dan walikota, minta anggaran untuk sosialisasi RUU Pemilu,” ujar doktor ilmu pemerintahan itu di acara Sinergitas Kesbangpol dengan Masyarakat dan Parpol dalam Meningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Bantuan Keuangan Parpol, di Makassar, Sulsel, Selasa (9/5).

    Acara dihadiri para kepala Badan Kesbangpol dan perwakilan partai politik. Diakui Bahtiar, tugas jajaran Badan Kesbangpol saat ini cukup berat.

    “Tapi teman-teman Kesbangpol harus tetap semangat, banyak hal yang menjadi tanggung jawab kita. Kita memang menjadi porosnya kalau sudah menjelang pemilu dan pilkada,” pesan Bahtiar.

    Dia juga berpesan agar jajaran Badan Kesbanpol di daerah jangan segan-segan langsung membuat laporan ke Ditjen Polpum Kemendagri jika mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya.

    “Kalau ada yang sulit, laporkan ke kami. Kita saling bantu. Kita ini sama, hanya beda tempat.. Kita satu kesatuan,” paparnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…