Sabtu, 22 Juli 2017 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Presiden: Jangan Takut Melawan Tindakan Intoleransi

  • Rakyat Indonesia diminta untuk tidak pernah lelah dalam menjaga dan merawat persatuan bangsa. Untuk itu, bangsa Indonesia jangan mudah tergoda oleh isu-isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang memperlemah persatuan nasional.

    Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) Tahun 2017 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/4).

    “Kepada seluruh rakyat Indonesia, saya ingin berpesan agar jangan mudah tergoda oleh isu-isu SARA yang memperlemah bangsa dan negara kita. Jangan takut melawan tindakan-tindakan intoleransi dan kekerasan atas nama apa pun. Mari terus perkuat komitmen dalam menjaga dan merawat kodrat kebangsaan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika,” tegas Presiden.

    Presiden kemudian mengutip pernyataan Presiden pertama RI, Ir Soekarno, terkait keberagaman yang disampaikan dalam KAA di Bandung. “Jadikanlah prinsip live and let live serta unity in diversity menjadi kekuatan pemersatu yang akan membawa kita semua ke persahabatan dan diskusi yang bebas di mana masing-masing kita hidup dengan kehidupan kita sendiri.

    Biarlah mereka hidup dengan cara mereka dalam harmoni dan perdamaian,” ujar Presiden Jokowi mengutip pernyataan Soekarno, 62 tahun silam.

    Kini, setelah puluhan tahun berlalu, semangat keberagaman dan perdamaian yang ditunjukkan dalam Konferensi Asia-Afrika saat itu kembali digelorakan.

    “Pada waktu itu, para delegasi dari setiap negara juga memakai baju nasional masing-masing yang beraneka corak dan warna. Semua itu menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang budaya, warna kulit, dan agama tidak menghalangi kita untuk bersatu. Tidak menghalangi kita untuk membangun solidaritas yang kokoh,” ujar Presiden.

    Pada bagian lain, Presiden mengatakan bangsa Indonesia patut bersyukur karena mampu mengelola keberagaman sehingga perbedaan yang ada di Indonesia tetap kokoh dalam bingkai perdamaian dan keharmonisan. “Kodrat Indonesia adalah mengelola keberagaman. Indonesia mempunyai lebih dari 714 suku,” kata Presiden Jokowi yang mengenakan baju adat Betawi.

    Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, dan sejumlah menteri anggota Kabinet Kerja. Hadir pula Ketua DPR Setya Novanto, Ketua DPD Oesman Sapta, dan duta besar negara sahabat.

    Dijamin Presiden

    Terkait dengan pidato Presiden tersebut, Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS), Ngasiman Djoyonegoro, menyatakan warga Jakarta yang hari ini (19/4) melaksanakan pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah DKI Jakarta periode 2017–2020 tidak perlu merasa takut terhadap ancaman kekerasan antikeberagaman.

    “Presiden sudah menjamin setiap warga Jakarta bebas menggunakan hak konstitusi untuk memilih tanpa ada intimidasi atau tekanan. Bahkan, Polri dan TNI sudah siap menjaga keamanan Jakarta,” katanya.

    Dia menambahkan, kelompok yang selama ini mengintimidasi harus legowo untuk menerima hasil pilkada. “Karena sudah kalah maka harus menerima hasil pilkada. Ini juga menandakan warga Jakarta tidak takut dengan intimidasi,” ujar Ngasiman.

    Sementara anggota Presidium Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, mengatakan sekarang ini sedang terjadi perang psikologis dengan mengancam melalui teror. Namun, apa pun bentuk intimidasi kepada pemilih, baik yang terang-terangan maupun yang dilakukan secara terselubung, adalah perbuatan tercela yang menodai demokrasi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    SBY Siap Sambut Presiden Terpilih

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap menyambut presiden baru, yang terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Siapapun yang menang, baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto, SBY akan…
  • sample9

    13 Instruksi Presiden Soal Pelaksanaan Pilpres 2014

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat.     "Pada kesempatan ini…
  • sample9

    Presiden Yang PRO dengan Rakyat

    Ketika kita melihat televisi, baliho, dan iklan dipinggir jalan, banyak yang berlomba menampakkan dirinya untuk mencalonkan sebagai seorang pemimpin Negara. Di Indonesia sendiri lebih mengenalnya dengan kata Presiden. Ya.. kata…
  • sample9

    Presiden yang Mampu Bekerjasama dengan Rakyatnya

    Apa jadinya ketika tidak ada seorang nahkoda di suatu kapal yang tengah dalam perjalanan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Atau apa jadinya ketika tidak ada seorang pilot yang berada…
  • sample9

    Siap-siap Sambut Presiden Anyar

    SUSILO Bambang Yudhoyono tinggal sebentar lagi menjabat presiden. Jika tak ada aral melintang, rakyat Indonesia akan mempunyai…
  • sample9

    Presiden SBY: Pemilu Tidak Perlu Gaduh

    Makassar - Ajang Pemilihan umum (Pemilu) sudah di depan mata. Dimulai dari pemilihan legislatif (Pileg), 9 April. Kemudian dilanjutkan pemilihan…
  • sample9

    Presiden SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi. Upacara dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden…