Kamis, 23 November 2017 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Tekankan Pentingnya Konsistensi Dalam Pembangunan

  • Dalam pembukaan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2018, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan pentingnya konsistensi dalam merencanakan pembangunan yang ada di daerah.
    Dengan konsistensi dalam perencanaan pembangunan tersebut, menurut Tjahjo, hal itu dapat mewujudkan pembangunan yang berkualitas di daerah tersebut.

    “Daerah harus memperhatikan aspek konsistensi, baik konsistensi antardokumen perencanaan maupun konsistensi dokumen perencanaan dengan dokumen penganggaran,” kata Tjahjo dalam pembukaan Musrenbang Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Bandung, Kamis (13/4/2017).

    Tjahjo menjelaskan perencanaan dan dokumen penganggaran dimasudkan untuk mewujudkan pembangunan daerah yang terencana dengan baik. Jika sudah terencana dengan baik dan memiliki akuntabilitas tinggi, maka akan mampu mencapai target pembangunan nasional.

    Selain itu, di samping konsistensi, Provinsi Jabar juga diminta untuk tetap fokus dalam pembangunan. Dan setiap pengambilan kebijakan politik pembangunan harus melibatkan DPRD dan semua elemen masyarakat.

    “Fokus daerah harus jelas dalam pembangunan, setiap perencanaan harus dimatangkan dengan DPRD, ini mitra strategis daerah. Input dari seluruh elemen masyarakat,” kata Tjahjo.

    Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan salah satu tujuan diadakannya Musrenbang adalah untuk menyelaraskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan pemerintah pusat. Dan salah satu yang menjadi perhatian pemerintahannya adalah percepatan pembangunan sumber daya manusia.

    “Skema pembangunan 2018 ada percepatan pembangunan manusia, meningkatkan daya saing masyarakat. Mudah-mudahan Jabar menyiapkan lebih baik sehingga 29 ribu pegawai lebih gembira karena penghasilannya lebih naik,” ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…