Rabu, 20 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pansus RUU Pemilu Sepakat 11 Komisioner KPU dan 7 Komisioner Bawaslu

  • Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu sudah menyepakati adanya penambahan jumlah komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam proses revisi UU Pemilu.

    Ke depan, ?komisioner KPU akan berjumlah 11 orang, bertambah empat dari tujuh komisioner saat ini. Sementara Bawaslu akan punya komisioner sejumlah tujuh orang, bertambah dari lima orang saat ini.

    Kata Anggota Pansus RUU Pemilu, Arif Wibowo?, hal itu disepakati dalam konteks meningkatkan kapabilitas organisasi penyelenggara pemilu. Pasalnya, pada 2019, pemilu akan dilaksanakan dengan serentak.

    ?"Jadi ini peningkatan kapabilitas organisasi, ditandai bertambahnya jumlah Komisioner KPU pusat jadi 11 orang, Bawaslu jadi tujuh orang," kata Arif, Kamis (30/3).

    Sementara untuk komisioner KPU tingkat provinsi dan kabupaten/kota, akan disusun secara proporsional. Dasarnya adalah tiga hal, yakni jumlah penduduk; luas wilayah; dan jumlah pemerintahan di bawahnya.

    "Dari situ ditemukan angka koefisien. Untuk provinsi koefisiennya 1 juta, untuk tingkat kabupaten/kota 500.000," kata Arif.

    "Jadi nanti ada kabupaten/kota yang komisioner KPU-nya berjumlah tiga orang, ada yang lima orang. Di tingkat provinsi, ada yang berjumlah lima, ada yang jumlahnya tujuh orang," katanya.

    Apakah kesepakatan ini akan mementahkan nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang saat ini diajukan pemerintah? Menurut Arif Wibowo, tidak.

    Dijelaskanya, Komisi II memang akan memilih tujuh orang komisioner KPU dan lima orang komisioner Bawaslu untuk saat ini. Bila nanti RUU Pemilu disahkan, maka ada tugas untuk memasukkan empat orang anggota KPU dan dua anggota Bawaslu tambahan.

    "Nanti di UU akan diatur caranya di aturan peralihan. Plus menegaskan bahwa UU yang baru tak bersifat retroaktif. Artinya, komisioner KPU dan Bawaslu yang saat ini terpilih, misalnya, tetap menjabat. Aturan baru hanya untuk empat komisioner KPU dan dua komisioner Bawaslu tambahan," jelasnya.


    Files Download :

Related Posts