Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

DPR Hanya Punya Waktu Enam Bulan Bahas RUU Pemilu

  • Paripurna DPR telah mengesahkan Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu, Jumat (28/10). Pansus diharapkan segera bekerja karena pembahasan RUU tersebut harus tuntas pada April 2017 mendatang.

    “Dalam waktu maksimum enam bulan, kita harus selesaikan RUU Pemilu ini. Nanti di bulan Juli tahun 2017 sudah harus memasuki tahapan pemilu,” ujar anggota Pansus RUU Pemilu Hetifah Sjaifudian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10).

    Hetifah mengatakan, tahapan persiapan pemilu minimal 24 bulan. Dengan begitu diharapkan, Pemilu 2019 bisa dilaksanakan sesuai jadwal. Anggota Komisi II DPR itu mengatakan, pembahasan RUU Pemilu termasuk sulit karena tiga RUU dijadikan satu. "Kita lari maraton karena waktunya sangat pendek, sementara tiga UU dijadikan satu. Ini tidak mudah,” ucap politisi Golkar itu.

    Menurutnya, kepentingan negara dan bangsa harus jadi pegangan selama pembahasan RUU nanti.

    Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan meski pada 29 Oktober - 15 November 2016 sudah masuk masa reses DPR. Artinya, DPR dan pemerintah hanya punya waktu lima bulan menyelesaikan RUU Pemilu.


    Files Download :

Related Posts