Kamis, 21 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Petahana Maju Pilkada Wajib Cuti di Masa Kampanye

  • Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan petahana yang ikut maju dalam Pilkada 2017 wajib cuti. Masa cuti dimulai saat masa kampanye pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 mendatang.

    "Petahana wajib cuti pada saat dan selama masa kampanye. Misalnya jika (Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias) Ahok ditetapkan sebagai calon kepala daerah maka dia harus cuti di luar tanggungan negara," kata Komisioner Bawaslu Nelson Simanjutak usai diskusi yang digelar Mabes Polri di Jakarta Rabu (19/10).

    Setiap petahana wajib mengambil cuti kampanye, masih kata Nelson, meski proses uji materiil UU Pilkada di Mahkamah Konstitusi(MK) yang diajukan Ahok tengah berjalan dan belum ada keputusan.

    Nelson menambahkan jika calon gubernur DKI yang diusung Partai Golkar, NasDem, Hanura, dan PDIP itu wajib mengikuti aturan KPU yang menyatakan petahana harus cuti.

    Jika, misalnya, MK kelak mengabulkan gugatan materi UU Pilkada yang dilayangkan Ahok, maka UU Pilkada terkait cuti kampanye tidak memiliki kekuatan hukum.

    Sebelumnya Ahok mengajukan uji materi dengan alasan tetap ingin bekerja dan mengawasi pembahasan APBD bersama DPRD DKI karena waktunya bersamaan dengan masa kampanye bergulir.



    Files Download :

Related Posts