Sabtu, 23 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Adakan Rakornas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)

  • Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta, (6/10), pagi ini.

    Dirjen Polpum kemendagri Soedarmo mengatakan acara ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada kepala daerah terkait permasalahan pendirian rumah ibadah yang masih menuai masalah.

    “ Ini persoalan akibat pendirian rumah ibadah dan masih kurangnya keberadaan pemahaman peraturan ini oleh kepala daerah,” ungkap Soedarmo

    Menurut Soedarmo, dasar kegiatan ini dilakukan yakni terkait dengan pemahaman Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012,Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013, serta Peraturan Bersama Menteri Nomor 9-8.

    Soedarmo menilai, saat ini masih terjadi konflik sosial dan horizontal akibat pendirian rumah ibadah, seperti contohnya kasus di Tolikora, Aceh Singkil, hingga adanya pembakaran Vihara.

    Sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri oleh beberapa kepala daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota harus ada dukungan minimal 90 orang dari pemeluk agama itu sendiri dan 60 orang dari masyarakat setempat.

    “Banyak terjadi kasus pendirian rumah ibadah karena tidak sesuai dengan persyaratan, sesuai dengan pasal 14 ayat 2 dari Peraturan Bersama Menteri untuk izin pendirian minimal ada dukungan dari 90 orang pemeluk agama dan 60 orang dari masyarakat setempat,” ujar Soedarmo.

    Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Kemendagri bersama dengan Kementerian Agama . Adapun peserta yang hadir yakni wakil gubernur seluruh provinsi se Indonesia, Kepala Badan Kesbangpol provinsi seluruh Indonesia, Kepala Badan Kesbangpol kabupaten/kota terpilih, Kanwil Kementerian Agama, Pimpinan Organisasi Masyarakat, serta pejabat kementerian/lembaga terkait.


    Files Download :

Related Posts