Minggu, 21 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Gelar Rakornas Forum Komunikasi Umat Beragama

  • Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

    Rakornas tersebut bertajuk "Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB dalam Rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan dalam Bingkai NKRI".

    Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Soedarno mengatakan, penyelenggaraan Rakornas merupakan kerja sama Kemendagri dengan Kementerian Agama.

    Dasar penyelenggaran Rakornas FKUB di antaranya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, dan Peraturan Bersama Menteri Nomor 8-9 Tahun 2006 tentang Kerukunan dan Keharmonisan Antar Umat Beragama.

    Soedarmo mengatakan, ada berbagai konflik horizontal yang terjadi di masyarakat.

    Salah satunya terkait pendirian rumah ibadah. Oleh karena itu, Rakornas FKUB bertujuan memperkuat komitmen kepala daerah dalam menangani persoalan keagamaan di daerah.

    "Kepala daerah memberikan perhatian yang lebih dan komitmennya terhadap potensi konflik berbasis agama di wilayahnya," ujar Soedarmo, di Kompleks Kemendagri, Jakarta.

    Soedarmo berharap kepala darah dapat mendorong peran dan fungsi FKUB provinsi dan kabupaten/kota.

    Rakornas ini juga diharapkan menguatkan komitmen para tokoh agama dan ormas keagamaan dalam melaksanakan etika kehidupan beragama.

    "Dengan terjalinnya kemitraan dan hubungan yang harmonis antara pemerintah, pemerintah daerah, FKUB, organisasi keagamaan, dapat memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama," ujar Soedarmo.

    Rakornas FKUB dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, wakil gubernur seluruh Indonesia, dan Ketua FKUB seluruh Indonesia.

    sumber : kompas.com


    Files Download :

Related Posts