Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Turut Pantau Situasi Kerawanan Pilkada Jakarta

  • Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama jajaran Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) terus memantau situasi kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017. Tak terkecuali, situasi kerawanan Pilkada di ibu kota DKI Jakarta.

    “Ya selalu. Apalagi, Jakarta jadi barometer,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Soedarmo kepada wartawan seusai mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima kunjungan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan di kantor Kemendagri Jakarta, Kamis (22/9/2016).

    Pemantauan situasi kerawanan Pilkada di ibu kota dan daerah-daerah lainnya ini, jelas Soedarmo, juga bekerja sama dengan aparat keamanan lainnya, seperti kepolisian, TNI, dan BIN. Pemantauan dilakukan pada setiap tahapan pelaksanaan Pilkada.   

    “Setiap pentahapan itu menjadi prioritas pemantauan. Kita harus melakukan deteksi secara maksimal sesuai dengan tim yang ada pada masing-masing daerah,” jelas Soedarmo.

    Selain itu Jakarta, lanjut Soedarmo, daerah-daerah yang tingkat potensi kerawanan konfliknya tinggi juga turut dipantau, seperti Papua, Aceh, dan Banten.

    “Banten juga, Banten kan karena karakteristrik masyarakatnya. Itu kan juga perlu jadi perhatian,” tuturnya.

    Seperti diketahui, Pilkada serentak 2017 akan digelar di 101 daerah, terdiri dari tujuh provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten. Ada pun tujuh provinsi yang akan menyelenggarakan Pilkada yaitu Provinsi Aceh, Bangka Belitung (Babel), DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat (Sulbar), dan Papua Barat. Khusus untuk Provinsi Aceh, selain menggelar Pilkada di provinsi, juga akan menyelenggarakan Pilkada di 20 kabupaten/kota yang merupakan penyelenggaraan terbanyak di 2017 dalam satu provinsi. Pemungutan suara serentak Pilkada 2017 akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017.


    Files Download :

Related Posts