Selasa, 18 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Temui Mendagri, BIN Dukung Pengamanan Pilkada Serentak 2017

  • Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Kamis (22/9/2016). Kedatangan Kepala BIN dalam rangka koordinasi pengamanan kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017.

    “Yang pertama Kemendagri terima kasih atas kunjungan Kepala BIN. Tadi kita mendiskusikan masalah Pilkada saja. Evaluasi, persiapan, Pilkada serentak di tahun 2017, itu aja intinya,” kata Menteri Tjahjo usai melangsungkan pertemuan dengan Kepala BIN.
    Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan silaturahmi ini dalam rangka meningkatkan kordinasi penyelenggara fungsi negara dan pelaksanaan Pilkada serentak 2017.

    “Kita membentuk Satgas Pilkada dalam rangka untuk membantu kelancaraan penyelenggaraan Pilkada serentak,” kata Budi saat ditanya soal kinerja BIN dalam mensukseskan Pilkada.

    Namun, jelas Budi, kordinatornya tetap dimotori Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Namun, untuk bidang penegakan hukum melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). BIN bekerja hanya pada aspek pengamanan.

    Masalah potensi ancaman selama Pilkada, Budi mengatakan pihaknya sudah sampaikan kepada seluruh aparat di wilayah sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsinya (tupoksi) masing-masing. Tentu semua itu sudah ambil langkah deteksi, maupun peringatan dini.
    “Kemudian untuk langkah-pangkah pencegahan dini, tindakan preventif oleh satuan-satuan di wilayah sudah dilakukan,” tutur Budi.

    Terpisah, Direktur Jendral (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Soedarmo menambahkan, tugas Satgas Pilkada ke depan adalah memantau dan mengawasi jalannya Pilkada. Setiap tahapan itu menjadi prioritas pemantauan. Deteksi dini selalu dilakukan maksimal.

    “Kan unsurnya di Kesbangpol itu  dari BIN, TNI/Polri, kejaksaan. Masalah koordinasi kan sudah punya SOP masing-masing, tetapi karena mereka masih satu tim tinggal berdiskusi. Hasilnya menjadi masukan ke pimpinan masing-masing lembaga,” ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…