Rabu, 20 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Setiap Hari, Ditjen Polpum Pantau Kerawanan Pilkada 2017

  • Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan pemantauan rutin kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Setiap hari jajaran tim pemantauan Pilkada dari 101 daerah melaporkan perkembangan pelaksanaan tahapan Pilkada yang sedang berlangsung ke Ditjen Polpum.

    “Setiap sore kita minta daerah-daerah tersebut melaporkan perkembangan situasi terkait dengan masalah pelaksanaan Pilkada di 101 daerah itu,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Soedarmo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

    Pemantauan Pilkada ini, jelas Soedarmo, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak mendatang. Tim pemantauan daerah dibentuk oleh daerah secara berjenjang, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Tim pemantauan diketahui oleh Ketua Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) setempat dengan anggota dari TNI/Polri, BIN, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya.

    “Pusat membentuk, provinsi bentuk, kabupaten/kota bentuk, jadi secara hirarki nanti akan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi utnuk sama-sama melakukan pemantauan,” kata Soedarmo.

    Pemantauan Pilkada ini, lanjut Soedarmo, juga sebagai bentuk upaya deteksi dini terhadap kerawanan Pilkada 2017. Tim juga menyusun indeks kerawanan di setiap pelaksanaan tahapan Pilkada. Pemetaan kerawanan per tahapan itu nantinya juga akan disinergikan dengan Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) yang telah diluncurkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beberapa waktu lalu.
    “Nanti kita akan sampaikan ke daerah-daerah (IKP Bawaslu) untuk menjadi rujukan agar memudahkan pejabat di daerah untuk melakukan pemantauan terhadap konflik. Ya, ini harus disinergikan,” ujar Soedarmo.


    Files Download :

Related Posts