Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Dirjen Polpum Kemendagri: Daerah Harus Berdayakan FKUB

  • Guna menghindari terjadinya konflik di daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) memberdayakan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di daerah. Tak hanya itu, forum-forum masyarakat lainnya juga harus turut diberdayakan, seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), serta Komunitas Intelijen Daerah (Kominda).  

    “Saya sering sampaikan ke kepala daerah, ya diperhatikanlah itu, forum-forum itu,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Soedarmo di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri), jelas Soedarmo, juga telah membuatkan surat edaran (SE) kepada seluruh kepala daerah terkait pemberdayaan FKUB dan forum-forum masyarakat tersebut. Termasuk, mempertegas pembiayaan FKUB dan forum-forum itu dalam pedoman umum penyusunan RAPBD.

    Selama ini, lanjutnya, memang masih banyak daerah yang belum memberdayakan FKUB dan forum-forum pelat merah tersebut.
    “Artinya, kalau memberdayakan berarti ya dengan dukungan aggarannyalah. Namanya memberdayakan itu include atau termasuk juga anggarannya,” tutur Soedarmo.

    Seluruh kepala daerah, tegas Soedarmo, harus sering turun ke daerah guna memantau situasi keamanan dan ketertiban di daerah. Selain itu, berkoordinasi dengan FKUB dan forum-forum masyarakat yang ada. Jangan baru berkoordinasi ketika persoalan sudah muncul.

    “Sering-seringlah kumpulkan FKUB. Jangan dibiarkan saja. Kalau sudah ada persoalan baru diajak, tapi pada saat situasi damai, situasi aman, FKUB tidak pernah diperhatikan,” Soedarmo mengingatkan.

    Dalam waktu dekat, sambungnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Polpum Kemendagri akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) FKUB di Jakarta.

    “Nanti awal September kita undang FKUB untuk rakornas, mengantisipasi kejadian-kejadian yang terkait dengan masalah agama di Jakarta. Saya nanti yang ngundang,” ujarnya.


    Files Download :

Related Posts