Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Imbau Masyarakat Tidak Akses Situs Palsu E-KTP

  • Masyarakat diminta tidak mengakses situs https://ektp.cektkp.com/ yang menyediakan layanan pengecekan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) tengah menyelidiki situs tersebut.

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa situs yang saat ini sedang marak disebarkan melalui pesan di media sosial (medsos), bukanlah situs resmi milik pemerintah. “Kemdagri tidak pernah membuat situs tersebut. Kami bersama Kemkominfo sedang menyelidiki hal tersebut,” kata Tjahjo, Sabtu (27/8).

    Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemdagri, Zudan Arif Fakrullah menyatakan, data penduduk dalam situs dimaksud juga tidak valid.

    “Data tersebut bukan bersumber dari Dukcapil. Kami tidak pernah membuka data penduduk agar dapat diakses oleh publik, karena hal tersebut rawan penyalahgunaan,” kata Zudan.

    Dia menambahkan, situs pemerintah dipastikan berakhiran (go.id) bukan (.com). Dia berharap agar masyarakat tidak memasukkan data ke situs itu.

    “Jika ingin mengecek data, silahkan datang langsung ke Dinas Dukcapil di daerah anda. Di sana semua petugas kami siap melayani,” imbuhnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…