Rabu, 27 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Rampung Susun IKP, Bawaslu Temui Mendagri

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerima kedatangan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad serta komisioner Bawaslu lainnya. Pertemuan berlangsung tertutup di ruang kerja Tjahjo, Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Senin (22/8).

    "Bawaslu telah selesai susun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pilkada Serentak 2017. Penting bagi Bawaslu untuk deteksi dini, menetapkan wilayah-wilayah 101 daerah yang gelar pilkada," kata Muhammad saat jumpa pers seusai pertemuan.

    Dia menyatakan, Bawaslu berkomitmen mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran yang dapat mengganggu proses demokratisasi pilkada. "Bagi Bawaslu, penting menyusun strategi pengawasan bagi para pihak sesuai tugas, pokok dan fungsi untuk pencegahan kerawanan pada pilkada," ujarnya.

    Dia menambahkan, Bawaslu ingin pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 berjalan lebih baik. "Demokratis, politik uang kita tekan. Titik pelaksanaan pilkada separuh dari sebelumnya (Pilkada Serentak 2015). Kita harapkan jumlah separuh ini ada kanalisasi pengawasan," imbuhnya.

    Pada kesempatan yang sama, Tjahjo mengatakan, Kemdagri telah bertemu dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu untuk menginvestasi permasalahan-permasalahan persiapan Pilkada Serentak 2017. "Hari ini intinya, Bawaslu sampaikan deteksi dini. Cermati gelagat dinamika, kondisi-kondisi daerah yang perlu dicermati bersama," kata Tjahjo.

    Menurutnya, Bawaslu akan meluncurkan secara terbuka IPK pada 29 Agustus 2016. "Supaya daerah persiapkan diri baik pemda (pemerintah daerah), polisi, kejaksaan, termasuk Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu)," ucapnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…