Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Forum Pemilu Internasional

  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Electoral Stakeholder Forum III (AESF). Forum internasional ini akan diselenggarakan 22-26 Agustus 2016 di Bali.

    Ketua KPU Juri Ardiantoro mengatakan, AESF merupakan forum yang melibatkan Badan Pemilu dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Asia. Tujuan gelaran ini memperkuat kerja sama untuk meningkatkan pemilu yang demokratis dan berkualitas.


    "Dalam konferensi ini diharapkan penyelenggara pemilu negara-negara di Asia dapat saling berbagi pengalaman dan informasi terkait kemajuan demokrasi di negara masing-masing," kata Juri di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016).

    Forum yang akan diikuti 36 negara ini mengangkat tema 'Transparency & Integrity for Election'. Menurut Juri, forum ini juga diharapkan dapat memperkuat upaya masing-masing negara di Asia dalam mengembangkan demokrasi pemilu serta memperkuat ikatan kebersamaan di antara penyelenggara dengan penggiat Pemilu.

    "Dengan demikian peserta dapat berbagi strategi untuk kerja sama antara KPU dan organisasi masyarakat sipil tentang informasi kepemiluan," ujarnya.

    Rencananya, Presiden Joko Widodo membuka perhelatan ini. Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie juga akan menjadi narasumber bersama tokoh penggiat pemilihan umum internasional.

    Juri menambahkan, terpilihnya KPU RI sebagai tuan rumah karena berkat mengimplementasikan pemilu yang transparan dan akuntabel. Bentuk transparan dalam pemilihan ini ditunjukan dengan tampilnya data-data kepemiluan di website KPU melalui aplikasi pendaftaran pemilih (Sidalih), aplikasi pencalonan (Silon), aplikasi informasi tahapan Pilkada (Sitap), dan aplikasi penghitungan suara (Situng).

    "Ini menjadi nilai lebih bagi pemilu demokratis di Indonesia," ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Jokowi: Jangan Sampai Pemilu Hilangkan Kerukunan Bangsa

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat Indonesia jangan sampai terpecah belah karena persoalan pilkada dan pemilu. Presiden meminta para politikus memberikan contoh pendidikan politik yang baik…
  • sample9