Jumat, 22 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Presiden: Pembangunan Tidak Lagi Berpusat di Jawa

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tekadnya untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

    Presiden Jokowi menyebutkan bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia adalah jembatan untuk memakmurkan rakyat, menegakkan keadilan, dan membuat seluruh rakyat Indonesia meraih kemajuan bersama.

    “Untuk mencapai semua itu, kita harus membangun. Bangunlah jiwanya! Bangunlah badannya! Dari Sabang sampai Merauke harus kita bangun. Dari Miangas hingga Rote harus kita bangun,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

    Pidato Kenegaraan disampaikan Presiden Jokowi dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus.

    Hadir pada kesempatan itu, Presiden ketiga RI B.J. Habibie, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Ibu Sinta Abdurrahman Wahid, Wapres RI keenam Try Sutrisno, dan Wapres ke-11 Boediono.

    Presiden Jokowi yang datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, didampingi Wapres Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Kalla, dan jajaran menteri Kabinet Kerja.

    Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia sebagai negara berpenduduk 250 juta jiwa harus menjadi bangsa yang maju, bangsa yang berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

    “Dalam Pidato Kenegaraan tahun lalu sudah disampaikan bahwa Kabinet Kerja berkehendak meletakkan fondasi pembangunan nasional yang kokoh pada tahun pertama pemerintahan,” katanya.

    Pemerintah, lanjutnya, telah mengubah paradigma pembangunan nasional dari yang bersifat konsumtif menjadi produktif, dari yang bersifat Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris.

    “Regulasi dan birokrasi juga kita perbaiki secara masif seiring penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi,” jelas dia.

    Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah menetapkan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Tanah Air, khususnya di desa-desa, di daerah-daerah pinggiran dan wilayah perbatasan untuk memperkuat konektivitas nasional.

    Presiden Jokowi menyatakan, berbekal pencapaian transformasi fundamental ekonomi tersebut, memasuki tahun kedua, pemerintah telah bertekad melakukan percepatan pembangunan.

    “Tahun 2016 ini dapat disebut sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju,” kata Presiden Jokowi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    SBY Siap Sambut Presiden Terpilih

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap menyambut presiden baru, yang terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Siapapun yang menang, baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto, SBY akan…
  • sample9

    13 Instruksi Presiden Soal Pelaksanaan Pilpres 2014

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat.     "Pada kesempatan ini…
  • sample9

    Presiden Yang PRO dengan Rakyat

    Ketika kita melihat televisi, baliho, dan iklan dipinggir jalan, banyak yang berlomba menampakkan dirinya untuk mencalonkan sebagai seorang pemimpin Negara. Di Indonesia sendiri lebih mengenalnya dengan kata Presiden. Ya.. kata…
  • sample9

    Presiden yang Mampu Bekerjasama dengan Rakyatnya

    Apa jadinya ketika tidak ada seorang nahkoda di suatu kapal yang tengah dalam perjalanan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Atau apa jadinya ketika tidak ada seorang pilot yang berada…
  • sample9

    Siap-siap Sambut Presiden Anyar

    SUSILO Bambang Yudhoyono tinggal sebentar lagi menjabat presiden. Jika tak ada aral melintang, rakyat Indonesia akan mempunyai…
  • sample9

    Presiden SBY: Pemilu Tidak Perlu Gaduh

    Makassar - Ajang Pemilihan umum (Pemilu) sudah di depan mata. Dimulai dari pemilihan legislatif (Pileg), 9 April. Kemudian dilanjutkan pemilihan…
  • sample9

    Presiden SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi. Upacara dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden…