Jumat, 26 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: Peran Serta Seluruh Elemen Penting Awasi Pemilu

  • Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu RI) melakukan sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan berlangsung pada Februari 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan momentum car free day (CFD) di kawsan Thamrin, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sosialisasi ini juga sangat membutuhkan peran serta masyarakat dan media. Penyelenggaraan pilkada serentak nanti akan sukses bila semua ikut serta aktif berpartisipasi mengawasi jalannya pemilu nanti.

    “Hari ini merupakan sosilasisasi Bawaslu. Dengan begitu masyarakat bisa memahami apa tugas lembaga tersebut,” kata Tjahjo dalam acara tersebut.

    Mendagri sendiri mengapresiasi kegiatan Bawaslu. Namun, untuk kegiatan pilkada nanti, kata dia tetap membutuhkan peran serta seluruh elemen sehingga mereka ke depannya bisa turut melaporkan kecurangan-kecurangan dalam tahapan pemilu ini kepada Bawaslu.

    Ia berharap inisiatif masyarakat dalam sosialiasi gerakan tersebut bisa menekan pelanggaran-pelanggaran peserta pemilu dalam hajatan politik tahunan tersebut. Sekarang tugas Bawaslu untuk mengajak masyarakat bersama-sama aktif dalam berperan mengawasi penyelenggaran pilkada.

    “Pengawasan yang berhasil bukan semata mata oleh Bawaslu mesti didukung langsung oleh masyarakat. Itu kuncinya,” ujar dia.

    Dana Pilkada Tercukupi

    Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan dana pelaksanaan Pilkada serentak 2017 sudah tercukupi. Tapi, ada beberapa daerah masih mengalami masalah.

    "Di beberapa daerah masih ada yang belum terkejar, seperti Papua Barat, di Membramo dan KPI di Aceh Timur juga belum selesai," kata Tjahjo.

    Meski masih mengalami masalah di beberapa daerah, Tjahjo yakin pelaksanaan pilkada serentak berjalan sesuai rencana. Sebab, dana pelaksaanaan pilkada sebenarnya telah dimiliki daerah.

    Tjahjo menjelaskan, yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana daerah mengalokasikan dan menyalurkan dana itu dengan baik.

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) juga harus memberikan pertanggungjawaban dengan baik.
    "Saya pikir, yang paling penting menjadi kunci sukses pilkada sampai pileg dan pilpres nanti adalah peran serta masyarakat," kata Tjahjo.

    Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengikuti senam pagi di kawasan Thamrin, Jakarta. Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…