Jumat, 22 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Wacanakan Kenaikan Batas Usia Komisioner KPU dan Bawaslu

  • Batas usia minimal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diwacanakan untuk naik. Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu, calon anggota KPU dan Bawaslu paling rendah berusia 35 tahun. Wacananya, anggota KPU dan Bawaslu minimal berusia 45-65 tahun.

    "Kita punya wacana itu. Kayak misalnya MA (Mahkamah Agung) itu orang-orang senior, sudah punya banyak pengalaman. Bukan berarti yang muda tidak punya pengalaman. Tidak berarti umur 45 tahun lebih pengalaman, lebih dewasa,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Soedarmo, Jumat (12/8).

    Dia menjelaskan, wacana tersebut belum akan berlaku untuk komisioner KPU dan Bawaslu periode 2017-2022. "Soal umur belum bisa," jelasnya.

    Sekadar diketahui, mengubah batas usia mengharuskan adanya revisi UU 15/2011. Draf revisi UU tersebut bersamaan dengan UU 8/2012 tentang Pemilu Legislastif (Pileg), UU 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan diserahkan September 2016. Sedangkan, panitia seleksi (pansel) anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 bekerja sekitar Oktober 2016.

    Dia menyatakan, seleksi nantinya mengacu pada UU 15/2011. "Nanti ranahnya pansel. Harapannya, calon-calon benar pengalaman, punya pengetahuan banyak soal pemilu," katanya.

    Secara terpisah, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykuruddin Hafidz, mengatakan, pengetahuan kepemiluan dari calon komisioner KPU dan Bawaslu merupakan keniscayaan.

    "Pengetahuannya harus matang. Kedewasaan juga penting, misal kalau berhadapan dengan orang, tidak takut," kata Hafidz.

    Menanggapi wacana batas usia komisioner naik menjadi 45 tahun, menurutnya, hal tersebut tidak relevan. "Kalau kita lihat, (usia) 35 tahun sudah cukup. Keberanian mengambil keputusan akhirnya banyak, pertimbangannya banyak. Semakin dinaikkan dari 35 tahun, maka integritas juga makin dipertanyakan," ucapnya.


    Files Download :

Related Posts