Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Sebut Presiden Selalu Memantau Kinerja Menteri

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan selalu memantau kinerja setiap menteri. Selain itu, Presiden juga mendengar masukan masyarakat terkait evaluasi kinerja tersebut.

    "Yang saya pahami, Bapak Presiden selalu memonitor setiap kinerja para pembantu beliau baik kementerian atau lembaga-lembaga pemerintah lainnya. Bapak Presiden juga buka komunikasi dari berbagai elemen masyarakat," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Senin (25/7).

    Oleh sebab itulah, menurutnya, setiap program kementerian/lembaga harus dipublikasikan ke masyarakat. "Agar masyarakat tahu apa yang sedang dikerjakan kementerian/lembaga," ujarnya.

    Dia menuturkan, Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dapat setiap saat memanggil menteri dan pimpinan lembaga. "Kalau urgent (penting), bisa juga beliau telepon para pembantu-pembantu presiden. Menanyakan dan mengklarifikasi sesuatu masalah," ucapnya.

    "Oleh karena itu, setiap pembantu presiden harus siap di bidang tugasnya kalau sewaktu-waktu dipanggil atau dimintai penjelasan Bapak Presiden. Bapak Presiden dengan berbagai kewenangan beliau pasti memantau kita semua para pembantu beliau di kabinet dan di pemerintahan."

    Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, dirinya terus menilai kinerja Kabinet Kerja. Namun, dia enggan mengungkap hasil penilaian tersebut.

    "Rapor itu selalu kita buat. Hariannya ada, mingguannya ada, bulannya ada. Tapi kan enggka bisa saya buka-buka," kata Jokowi kepada wartawan seusai menghadiri Silaturahmi Nasional Pendukung Presiden Jokowi di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta, Minggu (24/7) malam.

    Disinggung mengenai permintaan kepada relawan untuk melaporkan pejabat yang tidak melaksanakan pembangunan, dia menjelaskan, hal tersebut disampaikan agar seluruh pihak ikut mengawasi proses pembangunan.

    "Sehingga semuanya, instansi semua kementerian juga di pemda merasa kerja itu diawasi. Bekerja itu ada yang ngontrol, siapa itu? Ya rakyat. Jangan ngerasa kalau bekerja itu tidak ada yang awasi, ada," tegasnya.

    Dia mengaku banyak mendapatkan informasi-informasi langsung dari rakyat. "'Pak ini ada yangenggak benar. Ini lho harus dibenerin'. Jadi rakyat pun menyampaikan pada kita," ujarnya.

    "Masalah negara kita, negeri ini banyak sekali. Itu yang menjadi tugas kita menyelesaikan semua masalah itu."

    Menurutnya, pemerintah akan terus bekerja. "Ya saya, Pak Wapres, menteri dan di bawahnya. Tugas kita bekerja. Tentang penilaian ya diserahkan ke masyarakat," pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…